Reduksi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Kimia Menggunakan Strategi Conceptual Change Text Terintegrasi Analogi (CCT-A) Pada Materi Kesetimbangan Kimia - Repositori Universitas Negeri Malang

Reduksi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Kimia Menggunakan Strategi Conceptual Change Text Terintegrasi Analogi (CCT-A) Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Islamiyah, Kafita Krisnatul (2023) Reduksi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Kimia Menggunakan Strategi Conceptual Change Text Terintegrasi Analogi (CCT-A) Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran di SMA yang terdiri dari berbagai konsep yang saling berkaitan dan membentuk suatu hierarki. Hal ini menyebabkan pelajar harus memahami konsep dasar sebelum memahami konsep selanjutnya yang berkaitan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak pelajar yang masih kebingungan memahami konsep dasar yang berakibat pada kesulitan memahami konsep lanjutan. Apabila hal ini terus berlanjut maka dapat menimbulkan adanya miskonsepsi pada diri mereka. Salah satu materi kimia yang sering mengalami miskonsepsi yakni topik kesetimbangan kimia, dimana materi tersebut cukup kompleks. Penelitian terdahulu menunjukkan ternyata masih banyak guru dan mahasiswa calon guru kimia yang mengalami miskonsepsi pada topik kesetimbangan kimia. Apabila seorang guru maupun mahasiswa calon guru mengalami miskonsepsi, maka peluang terjadinya miskonsepsi pada siswa yang diajar juga tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi dan reduksi miskonsepsi kepada mahasiswa calon guru kimia sebagai salah satu solusi mencegah terjadinya miskonsepsi pada siswa. Upaya mereduksi miskonsepsi dapat dilakukan melalui Pembelajaran perubahan konseptual (strategi CCT) karena adanya tahap penciptaan konflik kognitif. Namun dalam mereduksi miskonsepsi diperlukan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan agar miskonsepsi dapat direduksi secara total. Salah satu strategi yang bisa digunakan yakni Conceptual Change Text terintegrasi Analogi. Karena analogi mampu memvisualisasikan konsep abstrak menggunakan informasi yang sudah diketahui mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan pendekatan embedded design, dimana proses pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara berurutan. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan yakni Pre Experimental one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa semester 2 yang sedang menempuh mata kuliah Kimia dasar 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari RPP, LKM, lembar tes tes diagnostik three tier materi kesetimbangan kimia, angket motivasi perubahan konseptual, dan pedoman wawancara. Tes diagnostik terdiri dari 20 butir soal yang valid dengan reliabilitas 0,819 (sangat tinggi). Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi: analisis profil konsepsi, identifikasi miskonsepsi, dan analisis hasil wawancara. Analisis kuantitatif meliputi: analisis angket motivasi perubahan konseptual, uji statistik menggunakan uji daya beda dua rata-rata untuk data pretes-postes dan postes-tes retensi, dan analisis pemahaman konsep melalui perhitungan skor N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) Mahasiswa calon guru kimia teridentifikasi miskonsepsi pada konsep kesetimbangan dinamis, tetapan kesetimbangan, pengaruh perubahan konsentrasi, suhu, tekanan/volume, dan penambahan katalis terhadap pergeseran kesetimbangan dengan persentase rata-rata miskonsepsi secara berurutan sebesar 57,50%; 29,43%; 46,38%; 53,35%; 51,23%; dan 55,0%. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep mahasiswa setelah implementasi strategi pembelajaran CCT-A. (3) Strategi pembelajaran CCT-A efektif mereduksi miskonsepsi mahasiswa calon guru kimia pada materi kesetimbangan kimia. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan pemahaman konsep secara klasikal dengan nilai N-Gain 0,86 (tinggi), persentase N-Gain 86,42% (efektif), dan persentase rata-rata motivasi perubahan konseptual mahasiswa sebesar 87,08% (tinggi). Motivasi perubahan konseptual berpengaruh terhadap proses pembelajaran strategi CCT-A dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:40
Last Modified: 25 Sep 2023 02:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item