Pengaruh penggunaan racing valve pada mesin bersistem DOHC terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Suzuki Satria F 150 cc / Nasrudin Majid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan racing valve pada mesin bersistem DOHC terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Suzuki Satria F 150 cc / Nasrudin Majid

Majid, Nasrudin (2017) Pengaruh penggunaan racing valve pada mesin bersistem DOHC terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Suzuki Satria F 150 cc / Nasrudin Majid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Majid Nasrudin. 2017. Pengaruh Penggunaan Racing Valve pada Mesin Bersistem DOHC terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Suzuki Satria F 150 cc. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. Ir Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. Kata Kunci penggunaan racing valve putaran motor konsumsi bahan bakar emisi gas buang. Valve adalah bagian utama dari mekanisme katup yang menjadi saluran masuk campuran udara-bahan bakar dan saluran buang untuk gas sisa pembakaran. Katup juga diharuskan mampu menutup rapat saat langkah kompresi. Katup harus kuat menerima pembebanan pada ujung batang katup dari pelatuk atau dari cam dan harus kuat pada batang katup karena menerima keausan saat bekerja. Daun katup harus kuat dari tumbukan dan harus dapat menahan panas dengan suhu 8000C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor Suzuki Satria f 150cc penelitian ini dilakukan di UPTPK BKL Pasuruan dengan menggunakan alat gelas ukur untuk uji konsumsi bahan bakar dan menggunakan alat exhause gas analyzer untuk uji emisi gas buang. Rancangan penelitian yang digunakan ialah rancangan factorial (design factorial) dan menggunakan analisis dua jalan. Hasil penelitian ini menemukan 1) Terdapat perbedaan penggunaan racing valve terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Suzuki Satria F 150 cc. Penggunaan yang dihasilkan tersebut adalah perbedaan yang kearah positif dan negative konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan racing valve terbukti ada perbedaan yang signifikan dengan menggunakan standard valve. 2) Terdapat perbedaan putaran motor 1500 4000 dan 6000 rpm terhadap konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada sepeda motor Suzuki Satria F 150 cc. Selisih kenaikan konsumsi bahan bakar pada putaran mesin 1500 rpm sebesar 0 33 ml selanjutnya pada putaran mesin 4000 rpm terjadi selisih penurunan sebesar 1 ml dan pada putaran mesin 6000 rpm terjadi selisih penurunan sebesar 1 ml. 3) Untuk putaran mesin 1500 rpm terjadi selisih penurunan kadar CO sebesar 0 02 % volume CO selanjutnya untuk putaran mesin 4000 rpm terjadi selisih penurunan kadar CO sebesar 0 13 % volume CO dan pada putaran mesin 6000 rpm terjadi selisih penurunan kadar CO sebesar 0 36 % volume CO. 4) Selisih penurunan kadar hidrokarbon (HC) pada putaran mesin 1500 rpm sebesar 54 part per million (ppm) selanjutnya pada putaran mesin 4000 rpm terjadi selisih penurunan sebesar 4 33 part per million (ppm) dan pada putaran mesin 6000 rpm terjadi selisih penurunan sebesar 15 part per million (ppm). Dengan demikian dapat disarankan perlu adanya pengembangan dan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan racing valve terhadap akselerasi daya dan torsi. ABSTRACT Majid Nasrudin. 2017.Influence of Racing Valve Usage of DOHC System Engine on Fuel Consumption and Exhaust Gas Emissions Suzuki Satria F 150 cc Motorcycle.Sarjana sThesis Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Advisor (I) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. Ir Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. Keywords racing valve motor rotation fuel consumption exhaust gas emissions. The valve is a major part of the valve mechanism that becomes the air-fuel mixture inlet and the exhaust for the combustion gas. Valves are also required to close tightly during the compression step. The valve must strongly accept loading at the end of the valve rod from the trigger or from the cam and should be strong on the valve stem as it accepts wear during working. The valve leaf must be strong from the impact and should be able to withstand heat with a temperature of 8000C. This study aims to determine the fuel consumption and exhaust emissions generated by Suzuki Satria f 150cc motorcycle this research was conducted in UPTPK BKL Pasuruan by using measuring tools for fuel consumption test and using exhause gas analyzer for exhaust gas emission test . The research design used is factorial design and using two way analysis. The results of this study found 1) There are differences in the use of racing valve on fuel consumption and exhaust emissions on Suzuki Satria F 150 cc motorcycle. The resulting usage is the difference towards the positive and negative fuel consumption and exhaust emissions. Fuel consumption and exhaust emissions produced by racing valve proved to be a significant difference by using standard valves. 2) There is a difference motor rotation 1500 4000 and 6000 rpm to the fuel consumption produced on the bike author Suzuki Satria F 150 cc. The difference of fuel consumption increase at the engine speed of 1500 rpm of 0.33 ml then at 4000 rpm engine speed occurs the difference of decrease of 1 ml and at 6000 rpm engine speed occurs a decrease of 1 ml. 3) For the engine speed of 1500 rpm there is a difference of decrease in CO level by 0.02% CO volume then for 4000 rpm engine speed occurs a decrease in CO content by 0.13% CO volume and at 6000 rpm engine speed occurs the difference in decrease in CO level by 0.36% CO volume. 4) Difference in the decrease of hydrocarbon (HC) level at the engine speed of 1500 rpm is 54 parts per million (ppm) then at 4000 rpm engine speed there is a decrease of 4 33 parts per million (ppm) and at 6000 rpm Decrease of 15 parts per million (ppm). Thus it can be suggested that there should be further development and research on the influence of racing valve usage on acceleration power and torque.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43498

Actions (login required)

View Item View Item