Pengaruh variasi penyetelan volume injeksi bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion 150 cc / Ahmat Arip - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi penyetelan volume injeksi bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion 150 cc / Ahmat Arip

Arip, Ahmat (2017) Pengaruh variasi penyetelan volume injeksi bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion 150 cc / Ahmat Arip. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arip Ahmat. 2016. Pengaruh Variasi Penyetelan Volume Injeksi Bahan Bakar terhadap Daya dan Emisi Gas Buang pada Yamaha Vixion 150. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Widiyanti M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci penyetelan volume injeksi bahan bakar daya emisi gas buang Semakin parahnya kerusakan lingkungan pada saat ini merupakan salah satu akibat dari dampak polusi udara yang semakin meningkat kendaraan bermotor baik mobil ataupun sepeda motor merupakan penyumbang polusi udara yang menimbulkan dampak kerusakan pada lingkungan sekitar. Hal ini di pengaruhi karena pada emisi gas buang kendaraan bermotor mengandung senyawa karbonmonoksida (CO) yang dapat merusak lapisan ozon bumi sehingga hal ini berdampak pada pemanasan global. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mengetahui pengaruh variasi penyetelan volume injeksi bahan bakar terhadap daya (2) untuk mengetahui pengaruh variasi penyetelan volume injeksi bahan bakar terhadap emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan (3) untuk mengetahui pengaruh variasi penyetelan injeksi bahan bakar terhadap emisi gas buang hidrokarbon (HC). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah yamaha vixion 150. Analisis data yang digunakan adalah uji One Way Anova dan Post hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata daya serta emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan oleh penyetelan CO 30 adalah 12.813 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 4.520% dan HC sebesar 482.38 ppm. Penyetelan CO 20 adalah 11.934 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 3.856% dan HC sebesar 388.75 ppm. Penyetelan CO 10 adalah 11.406 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 2.633% dan HC sebesar 229.25 ppm. Penyetelan CO 0 adalah 10.670 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 1.600% dan HC sebesar 190.25 ppm. Penyetelan CO -10 adalah 9.922 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 1.191% dan HC sebesar 150.00 ppm. Penyetelan CO -20 adalah 9.162 Hp serta emisi gas buang CO sebesar .770% dan HC sebesar 311.25 ppm. Penyetelan CO -30 adalah 8.403 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 0.337% dan HC sebesar 345.88 ppm. Dari hasil pengujian analisis menunjukkan bahwa masing-masing variasi penyetelan volume injeksi bahan bakar ada perbedaan daya emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang dihasilkan. Semakin besar angka penyetelan maka daya yang dihasilkan juga akan semakin meningkat dan emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) juga mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber refrensi ilmu pengetahuan dibidang otomotif bagi mahasiswa maupun pihak lain yang akan melakukan penelitian lebih dalam mengenai penyetelan bahan bakar. Penyetelan bahan bakar (setting CO) yang dilakukan secara sembarangan dapat berpengaruh besar pada performa mesin dan jumlah emisi gas buang yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43496

Actions (login required)

View Item View Item