Pengembangan modul dan jobsheet mata kuliah sistem chassis Program Studi S1 Pendidikan teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Frica Arifianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dan jobsheet mata kuliah sistem chassis Program Studi S1 Pendidikan teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Frica Arifianto

Arifianto, Frica (2017) Pengembangan modul dan jobsheet mata kuliah sistem chassis Program Studi S1 Pendidikan teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Frica Arifianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifianto Frica. 2017. Pengembangan Modul dan Jobsheet Mata Kuliah Sistem Chassis Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci pengembangan modul jobsheet sistem chassis Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk menghasilkan modul dan jobsheet mata kuliah sistem chassis dan menseragamkan materi sistem chassis antara kelas offering satu dengan kelas offering lainnya supaya kualitas hasil belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif yang diinginkan sama. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang. Pengembangan ini menggunakan model Dick Carey yang Memaparkan langkah-langkah pengembangan terdiri dari (1) Mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) Analisis pembelajaran (3) Menganalisis tingkah laku masukan dn karakteristik peserta didik (4) Merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) Mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) Merancang dan melakukan penilaian formatif (9) Merevisi materi pembelajaran sesuai kolom saran pada lembar instrument uji coba (10)Merancang dan melakukan penilaian sumatif namun dalam penelitian ini untuk langkah ke-10 tidak dilakukan karena keterbatasan waktu untuk melakukan seluruh kegiatan belajar dalam waktu satu semester. Untuk mengetahui tingkat kevalidan kelayakan dan keterpakaian produk yang dihasilkan maka dilakukan uji kelayakan produk dalam 2 tahap yaitu (1) uji tahap ahli yang melibatkan ahli bidang studi dan ahli bidang pembelajaran (2) tahap uji kelompok kecil. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar cetak jenis modul dan jobsheet. Materi modul dan jobsheet yang disesuaikan dengan silabus Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan menggunakan pendekatan prinsip yang relevansi konsisten berkecukupan. Berdasarkan hasil dari analisis data dalam penelitian ini digunakan untuk proses penyempurnaan produk yang dikembangkan. Pada tahap uji coba ahli bidang studi memperoleh skor total rata-rata 81% dengan kreteria valid sedangkan dari ahli pembelajaran memperoleh skor total rata-rata 95% dengan kreteria sangat valid. Kemudian dari tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor total rata-rata 85% dengan kretaria sangat valid. Dari perolehan skor uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa modul dan jobsheet yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43493

Actions (login required)

View Item View Item