Analisis penggunaan ECU Racing pada Honda Beat FI 110 cc terhadap daya dan konsumsi bahan bakar / Moch Iqbal Arzaqy - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan ECU Racing pada Honda Beat FI 110 cc terhadap daya dan konsumsi bahan bakar / Moch Iqbal Arzaqy

Arzaqy, Moch Iqbal (2017) Analisis penggunaan ECU Racing pada Honda Beat FI 110 cc terhadap daya dan konsumsi bahan bakar / Moch Iqbal Arzaqy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arzaqy Moch Iqbal. 2017. Analisis Penggunaan ECU Racing pada Honda Beat FI 110 cc Terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda nauri. S.T M.T. (II) Drs. Paryono S.T M.T. Kata Kunci ECU racing putaran motor daya konsumsi bahan bakar ECU merupakan komponen vital dari sistem kontrol elektronik yang berperan sebagai otak dari sistem injeksi bahan bakar PGMF-I ECU menggunakkan micro computer dalam kerjanya yang mampu mengolah data hasil input dari sensor-sensor pendukung yang termasuk dalam sistem kontrol elektronik dan untuk kemudian mengirim sinyal menuju actuator dengan bentuk variasi tegangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya mesin yang dihasilkan dan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan oleh sepeda motor Honda Beat Fi 110 cc penelitian ini dilakukan di UPTPK BLK Pasuruan dengan menggunakan alat dyno test untuk menguji daya dan menggunakan gelas ukur untuk uji konsumsi bahan bakar. Rancangan penelitian yang digunakan ialah rancangan factorial (design factorial) dan menggunakan analisis dua jalan. Hasil penelitian ini menemukan 1) Terdapat perbedaan penggunaan ECU Racing terhadap Daya dan konsumsi bahan bakar pada Honda Beat Fi 110 cc. Penggunaan yang dihasilkan tersebut adalah perbedaan kearah positif dan negative daya dan konsumsi bahan bakar. Daya mesin dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan ECU Racing terbukti ada perbedaan yang signifikan dengan menggunakan ECU Standart. 2) Terdapat perbedaan pada putaran 1000-8000 rpm terhadap daya mesin yang dihasilkan oleh sepeda motor Honda Beat Fi 110 cc dan mulai mengalami perbedaan yang signifikan yaitu pada putaran 4000 rpm dengan pencapaian 4 20 Hp dan menciptakan daya maksimal pada putaran 8000 rpm yaitu mencapai 9 10 Hp dengan selisih kenaikan daya mencapai 0 56 Hp dengan daya maksimal yang dihasilkan ECU Standar yang berkisar di angka 8 68 HP. untuk perbedaan nilai konsumsi bahan bakar mulai mencapai perbedaan yang signifikan pada putaran mesin 5000 rpm yakni konsumsi bahan bakar mencapai 2 81 ml dengan selisih kenaikan konsumsi sebesar 0 16 ml dengan konsumsi yang dibutuhkan oleh penggunaan ECU Standar dan mencapai nilai konsumsi maksimal pada putaran 8000 rpm dengan nilai 3 56 ml selisih sebesar 0 26 ml dibandingkan dengan penggunaan ECU Standar. Dengan demikian dapat disarankan perlu adanya pengembangan dan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan ECU Racing terhadap akselerasi dan torsi pada sepeda motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43491

Actions (login required)

View Item View Item