ANALISIS TINGKAT BERPIKIR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM LINTAS JENJANG PENDIDIKAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA - Repositori Universitas Negeri Malang

ANALISIS TINGKAT BERPIKIR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM LINTAS JENJANG PENDIDIKAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Juliarti, Henny (2022) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM LINTAS JENJANG PENDIDIKAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbicara tentang tahapan berpikir, taksonomi Bloom yang direvisi oleh Krathwohl dianggap sebagai dasar bagi berpikir tingkat tinggi. Mengacu pada taksonomi Bloom (revisi) tersebut, maka terdapat urutan tingkatan berpikir (kognitif) dari tingkat rendah ke tingkat tinggi. 3 aspek dalam ranah kognitif yang menjadi bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) yakni aspek menganalisis (C4), aspek mengevaluasi (C5), serta aspek mencipta (C6). 3 aspek lain dalam ranah yang sama, yakni aspek mengingat (C1), aspek memahami (C2), serta aspek menerapkan (C3) termasuk ke dalam kategori berpikir tingkat rendah atau Lower Order Thinking Skill (LOTS) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir LOTS dan HOTS yang dimiliki oleh siswa SMA kelas XI dan XII serta kemampuan berpikir yang dimiliki oleh Mahasiswa strata satu prodi pendidikan kimia dalam materi kesetimbangan kimia. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan sebanyak 296 orang yang terdiri dari siswa SMA kelas XI dan XII serta mahasiswa prodi pendidikan kimia semester 2 dan 4. Penskoran dilakukan agar dapat mengelompokkan subjek kedalam kelompok LOTS dan HOTS untuk mengetahui persentase capaian setiap jenjang pendidikan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa capaian level berpikir LOTS siswa kelas XI dan XII sebesar 70,55% termasuk kategori tinggi dan capaian HOTSnya sebesar 38,78% termasuk kategori sedang, sementara capaian LOTS mahasiswa semester 2 dan 4 sebesar 71,66% kategori tinggi dan capaian HOTSnya 40,85% sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa prodi pendidikan kimia semester 2 dan 4 memiliki persentase capaian LOTS dan HOTS yang lebih baik daripada siswa kelas XI dan XII.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:13
Last Modified: 25 Sep 2023 02:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item