Pengembangan modul dasar-dasar elektronika sebagai media pembelajaran mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Sigit Risang Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dasar-dasar elektronika sebagai media pembelajaran mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Sigit Risang Permadi

Permadi, Sigit Risang (2017) Pengembangan modul dasar-dasar elektronika sebagai media pembelajaran mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Sigit Risang Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permadi Sigit Risang. 2017. Pengembangan Modul Dasar-dasar Elektronika sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata kunci pengembangan modul dasar-dasar elektronika SMK Penggunaan media pembelajaran dalam suatu proses belajar mengajar mampu meningkatkan minat ketertarikan motivasi dan keinginan untuk lebih mendalami materi yang diajarkan kepada siswa. Tentunya dengan menggunakan media pembelajaran maka akan membuat suasana kelas menjadi hidup guna mempermudah penyampaian pesan dan isi pada pelajaran tersebut sehingga tujuan pembelaja ran bisa tercapai.Berdasarkan hasil wawancara di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung disimpulkan bahwa terdapat keterbatasan sarana dan prasarana media pembelajaran dasar-dasar elektronika salah satunya adalah modul. Modulinisangatdiperlukan sebagai sumber belajar untuk membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar siswa di kelas maupun di bengkel saat praktikum. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R D)yang bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa modul pembelajaran. Tahapan pengembangan yang digunakan yaitu (1) analys (2) design (3) defelopment (4) implementation dan (5) evaluation. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan validasi terhadap hasil pengembangan kepada ahli materi dan ahli media yang bertujuan untuk melihat kualitas materi dan tampilan yang ada pada modul pembelajaran. Selanjutnya uji coba pemakaian oleh siswa dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada skala kecil dan skala besar. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar kuisioner dalam bentuk angket untuk ahli media ahli materi dan siswa dengan skala penilaian 1 sampai dengan 4. Data yang diperoleh dijadikan dasar untuk merevisi produk. Kemudian siswa diberikan soal tes yang hasilnya dijadikan dasar untuk penilaian keberhasilan modul dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menghasilkan modul Dasar-dasar Elektronika dengan perincian kualitas modul (1) Hasil validasi ahli materi menunjukan tingkat kelayakan modul sebesar 97 06% dan dapat dikategorikan dalam kualifikasi sangat layak (2) Hasil validasi ahli media menunjukan tingkat kelayakan modul sebesar 95 23% dan dapat dikategorikan dalam kualifikasi sangat layak dan (3) Hasil uji coba responden skala besar menunjukan tingkat kelayakan modul sebesar 88 30% dan dapat dikategorikan dalam kualifikasi sangat layak. Modul sudah sesuai dengan silabus dalam hal kualitas dan keefektifan materi serta dilengkapi jobsheet. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk modul Dasar-dasar Elektronika layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif kelas X di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43486

Actions (login required)

View Item View Item