Prasetyo, Guruh Kukoh (2017) Penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran transmisi dan kopling siswa kelas X di SMK Negeri 10 Malang / Guruh Kukoh Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyo Guruh. Kukoh. 2016. Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Memperbaiki Tansmisi Dan Kopling Siswa Kelas X Di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Partono. M.Pd (II) Drs.Agus Sholah H. M.Pd. Kata Kunci Metode Discovery Learning Hasil Belajar Transmisi dan Kopling. Bedasarkan observasi yang dilakukan SMK Negeri 10 Malang. Peneliti menemukan beberapa permasalahan ketika proses belajar mengajar berlangsung salah satu permasalahannya adalah kegiatan pembelajaran yang cenderung teacher centered bukan student centered. Hal ini hanya membuat siswa tidak aktif dan tidak mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Metode discovery learning adalah salah satu metode yang dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Transmisi dan Kopling menggunakan metode Discovery Learning.(2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Transmisi dan Kopling menggunakan metode Ceramah.(3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control pada mata pelajaran Transmisi dan Kopling menggunakan metode Discovery Learning Dan Metode Ceramah. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Malang. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKR A yang mendapat perlakuan metode ceramah dan X TKR B yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Discovery Learning. Analisa data yang digunakan adalah Independent sampel t-test. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok Discovery learning sebesar 79 03 sedangkan hasil belajar kelompok metode ceramah sebesar 69 19. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran discovery learning yang hasilnya lebih baik dibanding dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |