Pengaruh penggunaan metode pembelajaran pemberian tugas pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Teknik Otomotif SMK Islam 1 Blitar / Muhammad Rufai - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran pemberian tugas pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Teknik Otomotif SMK Islam 1 Blitar / Muhammad Rufai

Rufai, Muhammad (2017) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran pemberian tugas pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Teknik Otomotif SMK Islam 1 Blitar / Muhammad Rufai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rufai Muhammad. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Pemberian Tugas pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomotif SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci metode pemberian tugas motivasi belajar pemeliharaan mesin kendaraan ringan SMK Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa faktor tersebut salah satunya adalah metode mengajar. Metode sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar karena tidak ada satupun kegiatan belajar yang tidak menggunakan metode pengajaran metode juga berfungsi sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan motivasi belajar seseorang. Metode mengajar yang efektif dan sesuai dengan materi yang diterapkan oleh guru akan membantu siswa dalam belajar dan memahami materi sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Adanya harapan inilah yang diprediksi akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) motivasi belajar kelas yang diajar dengan metode pembelajaran pemberian tugas (2) motivasi belajar kelas yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah (3) pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran pemberian tugas terhadap motivasi belajar di SMK Islam 1 Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan desain Posttes Only Control Group. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 dan XI TKR 2 di SMK Islam 1 Blitar tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan kelas sebagai kelompok eksperimen dan dan kelompok kontrol dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar (kuesioner). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas baik di SMK Islam 1 Blitar (2) Motivasi belajar siswa menggunakan metode ceramah kurang baik di SMK Islam 1 Blitar (3) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara kelas eksperimen menggunakan metode pemberian tugas dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah di SMK Islam 1 Blitar. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru pengampu mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan khususnya kelas XI dapat menerapkan metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran karena agar menumbuhkan motivasi belajar siswa pada saat proses pembelajaran. ABSTRACT Rufai Muhammad. 2017. The Effect of Assignment Learning Method of Maintenance of Light Vehicle Engine Subject on Student s Learning Motivation of Automotive Engineering Department at SMK Islam 1 Blitar. Sarjana s Thesis Mechanical Engineering Department Faculty of Engineering. State University of Malang. Advisors (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Keywords assignment motivation maintenance of light vehicle engine SMK There are many factors that influence student s learning motivation one of them is teaching method. Methods are very important in teaching and learning activities because none of the learning activities that do not use teaching methods. Method also serves as an external stimulant that can generate a person s learning motivation. Effective teaching methods and in accordance with the material applied by teachers will help students in learning and understand the material so that it is expected to increase the motivation of students to study harder. The existence of these expectations is predicted to affect student learning motivation. Based on the objective of this research is to test (1) Motivation to learn the class that is taught by the method of learning assignment (2) The motivation of classroom learning is taught by lecturing method (3) A significant influence of the method of teaching assignment to learning motivation in SMK Islam 1 Blitar. This study included quasi experimental research using Posttest Only Control Group design. Subjects in this study were students of class XI TKR 1 and XI TKR 2 in SMK Islam 1 Blitar academic year 2016/2017. The class determination as the experimental group and the control group was done randomly. Data collection techniques used questionnaire motivation to learn (questionnaire). The results of this study indicate that (1) Student learning motivation using the method of teaching assignment either in SMK Islam 1 Blitar (2) Student learning motivation using less good lecture method in SMK Islam 1 Blitar (3) There is a significant difference of learning motivation between experimental class using assignment method with control class using lecture method at SMK Islam 1 Blitar Based on this research it is suggested that the teachers of subjects Maintenance of Light Vehicle Machine Maintenance especially class XI can apply the method of giving task in the learning process because in order to grow student learning motivation during the learning process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43483

Actions (login required)

View Item View Item