Hubungan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) siswa kelas X teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar / Wira Yogo Minarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) siswa kelas X teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar / Wira Yogo Minarto

Minarto, Wira Yogo (2017) Hubungan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) siswa kelas X teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar / Wira Yogo Minarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Minarto Yogo W. 2017. Hubungan Kesiapan Belajar Manajemen Waktu dan Kecemasan dalam Mengerjakan Tes dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Syamsul Hadi M.Pd. M.Ed. (II) Dr. H. Purnomo S.T. M.Pd. Kata Kunci Kesiapan belajar manajemen waktu kecemasan dalam mengerjakan tes hasil belajar Kesiapan belajar manajemen waktu dan kecemasan dalam mengerjakan tes mermpunyai hubungan dengan hasil belajar. Apabila kesiapan belajar dan manajemen waktu siswa semakin tinggi maka akan mengakibatkan hasil belajar meningkat. Berbeda halnya jika kecemasan siswa dalam mengerjakan tes semakin tinggi maka hasil belajar akan menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap dan mendeskripsikan kesiapan belajar manajemen waktu kecemasan dalam mengerjakan tes dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif di SMK Islam 1 Blitar serta untuk menguji signifikansi hubungan kesiapan belajar manajemen waktu dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar. Penelitian ini termasuk deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 1 Blitar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 146 siswa dengan metode Simple Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan uji analisis deskriptif uji asumsi klasik uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada hubungan yang signifikan kesiapan belajar manajemen waktu dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar sebesar 45 6% secara parsial ada hubungan positif yang signifikan kesiapan belajar dengan hasil belajar sebesar 32 7% secara parsial ada hubungan postif yang signifikan manajemen waktu dengan hasil belajar sebesar 35 7% dan secara parsial ada hubungan negatif yang signifikan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar sebesar 10 3%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kondisi kesiapan belajar manajemen waktu kecemasan dalam mengerjakan tes dan hasil belajar berada pada kategori sedang. Ada hubungan yang signifikan secara simultan kesiapan belajar manajemen waktu dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar ada hubungan positif yang signifikan kesiapan belajar dengan hasil belajar ada hubungan positif yang signifikan manajemen waktu dengan hasil belajar dan ada hubungan negetif yang signifikan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar. ABSTRACT Minarto Yogo W. 2017. The Relationship between Learning Readiness Time Management and Anxiety in Doing Test with Learning Outcome of Basic Automotive Electrical Engineering Subject for Students in the 10th Grade Department of Light Vehicle Engineering Islamic Vocational High School 1 Blitar. Thesis. Department of Mechanical Engineering Study Program of Automotive Engineering Education Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (I) Dr. H. Syamsul Hadi M.Pd. M.Ed. (II) Dr. H. Purnomo S.T. M.Pd. Keywords Learning readiness Time management Anxiety in doing test Learning outcome Learning readiness time management and anxiety in doing test have relationship to the learning outcome. If there is higher learning readiness and time management of students then there will be higher learning outcome. It is different with student s anxiety in doing test where it is getting higher then learning outcome will be lower. The purpose of this research was to reveal and describe about learning readiness time management anxiety in doing test and learning outcome of students at 10th Grade Department of Light Vehicle Engineering towards Basic Automotive Electrical Engineering subject in Islamic Vocational High School 1 Blitar as well as to test significance of relationship towards learning readiness time management and anxiety in doing test with learning outcome of students. This research was correlational descriptive research with quantitative approach and conducted to students in the 10th Grade Department of Light Vehicle Engineering SMK Islam 1 Blitar. Sample in this research was 146 students taken by using simple random sampling method. Data collection in this research was performed by using questionnaire and documentation while data analysis performed by using descriptive analysis test classical assumption test multiple linear regression test and hypothesis test with the assistance of SPSS 17.0 for Windows. The research result showed that simultaneously there was significant relationship between learning readiness time management and anxiety in doing test with learning outcome for 45.6%. While partially there was significant relationship between learning readiness and learning outcome for 32.7% there was significant relationship between time management and learning outcome for 35.7% and there was significant relationship between anxiety in doing test and learning outcome for 10.3%. Conclusion from this research was learning readiness time management anxiety in doing test and learning outcome in adequate category. There was significant relationship simultaneously between learning readiness time management and anxiety in doing test with learning outcome. While partially there was significant relationship between learning readiness and learning outcome there was significant relationship between time management and learning outcome and there was significant relationship between anxiety in doing test and learning outcome.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43482

Actions (login required)

View Item View Item