Pengaruh Pembelajaran Berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Termokimia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Termokimia

Purwandari, Intan diah (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Termokimia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan penelitian sebelumnya, secara umum kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada materi termokimia tergolong rendah. Hal ini terjadi karena materi termokimia belum dapat dikuasai siswa dengan baik. Materi termokimia masih dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa. Faktor lain yang mempengaruhi adalah model pembelajaran yang diterapkan kurang efektif. Pembelajaran masih berpusat pada guru tanpa memperhatikan inkuiri ilmiah, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model Argument-Driven Inquiry (ADI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan pemahaman konsep siswa pada materi termokimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimen (Pre-Experiment Design) dengan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 71 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Ambulu Jember tahun ajaran 2022/2023. Intrumen pengukuran dalam penelitian ini adalah skor kemampuan berpikir kritis dan skor pemahaman konsep siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan instrumen soal berpikir kritis yang terdiri dari 10 soal uraian yang valid dengan reliabilitas tes sebesar 0,758. Hasil pemahaman konsep diukur dengan tes pilihan ganda beralasan yang terdiri dari 15 soal valid dengan reliabilitas tes sebesar 0,782. Analisis statistik data keterampilan berpikir kritis siswa dan pemahaman konsep siswa meliputi uji Paired Sample T-Test, Uji N-gain, dan uji cohen d effect size. Selain itu, teknik wawancara juga dilakukan dalam penelitian ini tujuannya untuk mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan. Wawancara hanya dilakukan pada siswa yang telah mengalami pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pembelajaran ADI pada materi termokimia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pemahaman konsep siswa pada materi termokimia. Pengaruh pembelajaran berbasis ADI pada materi termokimia ditunjukan dengan nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa dan pemahaman konsep siswa. Uji n-Gain dari kedua kelas ekperimen menghasilkan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis ADI berpengaruh besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan pemahaman konsep siswa pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:36
Last Modified: 25 Sep 2023 01:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item View Item