Iswanto, Puguh (2017) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar Teknik Listrik dasar Otomotif siswa kelas X Teknik Perbaikan Body Otomotif di SMK PGRI 3 Malang / Puguh Iswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Iswanto Puguh. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Siswa Teknik Listrik Dasar Otomotif Siswa Kelas X Teknik Perbaikan Body Otomotif di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. (II) Drs. H. Agus Sholah M.Pd. Kata Kunci learning cycle 5e hasil belajar teknik listrik dasar otomotif Learning Cycle 5E merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik sehingga pembelajaran berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar menggunakn model learning cycle 5E (2) mengetahui hasil belajar menggunakan model ceramah (3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunaka learning cycle 5E dan model ceramah Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain Intact-Group Comparison. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 3 Malang dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X TBO A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBO B sebagai kelas kontrol jumlah masing-masing siswa dalam kelas setiap kelas 22. Teknik pengumpilan data menggunakan tes pilihan ganda dan observasi. Kelas eksperimen diberi perlakuan yaitu penerapan pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol pembelajaran ceramah. Data hasil belajar dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji T atau Independent sample T-test menggunakan SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil analisin data penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas X TBO A yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan hasil belajar kelas X TBO B yang diajar dengan model pembelajaran ceramah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t lebih kecil dari pada .05 (.001 .05). Sehingga hipotensis nihil ditolak dan perolehan nilai kognitif kelas experimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (80.27 69.59). Saran bagi guru mata pelajaran terkait hendaknya melanjutkan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif karena terbukti lebih efektif dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menjadikan siswa lebih aktif. Sekolah hendaknya mengadakan pelatihan tentang model pembelajaran agar guru mampu menciptakan kondisi belajar yang lebih efektif dalam upaya meningkatkan hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. ABSTRACT Iswanto Puguh. 2017. The Influence of Teaching and Learning Cycle 5 E Model on Students Learning Achievement in Basic Electrical Automotive Engineering of Grade X Students of Automotive Body Repair Techniques in SMK PGRI 3 Malang. Sarjana s Thesis Mechanical Engineering Department Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (I) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. (II) Drs. H. Agus Sholah M. Pd. Keywords learning cycle 5e learning achievement basic electrical automotive engineering Learning Cycle 5E is one of the learning models applying constructivist approach in which the students become the center of learning. The purpose of this research is (1) to know students achievement using learning cycle 5E model (2) to know students achievement using lecturing model (3) and to know the differences between students achievement using learning cycle 5E model and lecturing model. The research employs Pre-Experimental Design and specifically engage Intact-Group Comparison design. It was conducted in SMK (Vocational High School) PGRI 3 Malang which takes Grade X TBO A class as experiment class and Grade X TBO B class as control class each which consist of 22 students. The data was collected using multiple choice test and observation. In experiment class students were given the implementation of learning cycle 5E while in control class students were given lecturing model. The data of students achievement was analyzed using normality test and homogeny test and then it goes to hypothesis test using T test or Independence sample T-test using SPSS 23 for windows. According to the result of analysis it can be concluded that there are significant differences of learning achievement between X TBO A class which using Learning Cycle model and X TBO B class which using lecturing model. This is proved by the result of T test which was smaller than .05 (.001 .05). Thus the hypothesis was declined and the cognitive value of experiment class is higher than control class (80.27 69.59). Suggestions for teachers it is better to continue the implementation of Learning Cycle 5E model for Basic Electrical Automotive Engineering because it is proved to be more effective and more conducive learning situation and make the students more active. School should hold the teacher training on learning model using Learning Cycle 5E in order to make them create more effective learning situation so that it can increase students achievement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |