Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Praktik Sepeda Motor pada mahasiswa 1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang / Iqmal Agam Pahlevi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Praktik Sepeda Motor pada mahasiswa 1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang / Iqmal Agam Pahlevi

Pahlevi, Iqmal Agam (2017) Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Praktik Sepeda Motor pada mahasiswa 1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang / Iqmal Agam Pahlevi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pahlevi Iqmal Agam. 2017. Pengembangan Modul dan Jobsheet Pembelajaran Mata Kuliah Praktik sepeda motor Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata kunci pengembangan modul dan Jobsheet pembelajaran modul dan jobsheet Praktik sepeda motor Berdasarkan hasil observasi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh matakuliah praktik sepeda motor perlu adanya bahan ajar praktik sepeda motor yang mendukung dan mempermudah mahasiswa untuk belajar bahan ajar yang ada harus sesuai dengan materi pokok yang akan dikaji dalam matakuliah praktik sepeda motor pada S1 Pendidikan Teknik Otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul dan jobsheet pembelajaran mata kuliah praktik sepeda motor bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang dan mengetahui kelayakan modul dan jobsheet pembelajaran mata kuliah praktik sepeda motor Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan menurut Pustekom Depdiknas 2008. Langkah langkah pengembangan terdiri dari bedah kurikulum identifikasi media pengembangan naskah produksi validasi penyempurnaan ujicoba dan revisi. Bedah kurikulum dilakukan dengan melihat tujuan dan deskripsi matakuliah Praktik sepeda motor pada katalog Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Setelah melakukan peninjauan kurikulum prosedur selanjutnya adalah melakukan identifikasi media. Identifikasi media dilakukan berdasarkan masalah yang ada pada matakuliah praktik sepeda motor. Pada tahap selanjutnya yaitu pengembangan naskah. Pada tahap pengembangan naskah dilakukan pengembangan komponen modul dan jobsheet. Produksi awal yaitu berupa modul dan jobsheet pembelajaran Praktik sepeda motor diproduksi dalam jumlah skala kecil untuk proses validasi. Validasi modul dan jobsheet meliputi penilaian modul dan jobsheet oleh satu orang ahli media dan materi sepeda motor. Selanjutnya dilakuakan uji coba lapangan skala kecil produk dilaksanakan pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif yang sedang menempuh matakuliah Praktik sepeda motor berjumlah 20 orang. Setelah uji coba lapangan maka akan didapatkan produk akhir dari modul dan jobsheet Praktik sepeda motor. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini diperoleh data hasil validasi angket dan data hasil validasi modul. Data hasil validasi angket oleh dosen memperoleh persentase 95% yang termasuk kriteria valid. Hal ini berarti bahwa angket sudah layak untuk digunakan sebagai instrument validasi modul yang dikembangkan oleh peneliti. Data hasil validasi modul oleh dosen menunjukkan bahwa modul ini memperoleh persentase 87 8% yang termasuk kriteria valid dan data hasil validasi modul oleh mahasiswa menunjukkan bahwa modul ini memperoleh persentase 86 7% yang termasuk kriteria valid. Data hasil validasi angket jobhseet oleh dosen memperoleh persentase 89.99% yang termasuk dalam kriteria valid. Hasil validasi job sheet oleh dosen ahli media memperoleh persentase 85.71% yang termasuk dalam kriteria valid. Hasil validasi job sheet oleh dosen ahli materi memperoleh persentase 84.99% yang termasuk dalam kriteria valid. Hasil uji coba terhadap mahasiswa memperoleh persentase 86.33% yang termasuk dalam kriteria valid . Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa modul dan jobhseet yang telah dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut modul dan jobsheet ini perlu diujicobakan pada lingkup yang lebih luas lagi untuk melihat keefektifan dan keefesienan dari modul dan jobsheet terhadap pembelajaran. Selain itu perlu adanya pengembangan modul berbasis CD agar penggunaan di dalam kelas lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43478

Actions (login required)

View Item View Item