Pengembangan media pembelajaran trainer sistem penerapan pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor siswa kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Muhammad Ghozali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran trainer sistem penerapan pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor siswa kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Muhammad Ghozali

Ghozali, Muhammad (2017) Pengembangan media pembelajaran trainer sistem penerapan pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor siswa kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Muhammad Ghozali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ghozali Muhammad. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Sistem Penerangan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Siswa Kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. Kata Kunci media pembelajaran trainer sistem penerangan pemeliharaan kelistrikan sepeda motor modul jobsheet. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di bengkel praktek SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi ditemukan bahwa (1) kurangnya media pembelajaran trainer sistem penerangan (2) 80% guru dalam melaksanakan pembelajaran hanya sebatas teori (3) terdapat 60% siswa belum bisa memahami wiring diagram. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membandingkan kemampuan siswa dalam kelas yang menggunakan media pembelajaran berupa trainer dan modul Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor dengan yang tidak menggunakan oleh siswa kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R D)ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch yaitu (1)analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan validasi berupa kuisioner terhadap hasil pengembangan kepada ahli media dan ahli materi . Selanjutnya respon uji coba pemakaian oleh siswa yang berupa kuisioner dan tes. Kuisioner diisi oleh siswa kelas XI TSM 1 berjumlah 30 siswa berupa data hasil penilaian siswa terhadap trainer dan modul. Sedangkan tes yang dilakukan berupa soal pretest dan posttest terkait dengan trainer dan modul pembelajaran sistem penerangan baik yang menggunakan yaitu kelas XI TSM 1 berjumlah 30 siswa dan yang tidak menggunakan yaitu kelas XI TSM 2 berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kualitas trainer dan modul sebagai berikut (1) hasil validasi ahli media menunjukan tingkat kelayakan trainer dan modul sebesar 92.67% (2) hasil validasi ahli materi dosen dan guru menunjukan tingkat kelayakan trainer dan modul sebesar 92.34% dan 93.90% (3) hasil uji coba siswa menunjukan tingkat kelayakan trainer dan modul sebesar 97.18% (4) dari hasil nilai pretest kelas XI TSM 1 dan XI TSM 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 67.07 dan 67.33 dari hasil nilai posttest kelas XI TSM 1 dan XI TSM 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 88.93 dan 72.13. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah trainer dan modul Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor dikatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi pemeliharaan sistem penerangan sepeda motor oleh siswa kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dan terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata nilai akhir/posttest antara yang menggunakan trainer dan modul pembelajaran sistem penerangan sepeda motor dengan yang tidak menggunakan trainer dan modul pembelajaransistem penerangan sepeda motor. ABSTRACT Ghozali Muhammad. 2017. The Learning Media Lighting System Trainer Development of Motorcycle MaintenanceElectricity Course at XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Sarjana s Thesis. Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering Malang State University. Supervisor (I) Drs. H. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. Keywords learning media lighting system trainer maintenance electric motorcycle modul jobsheet. Based on the observations that have been done in the practice workshop of SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi was found (1) the absence of instructional media of the lighting system trainer (2) lack of learning media of lighting system trainers (3) there are 60% of students can not understand wiring diagram. This study aims to design and compare the students ability in the classroom that uses instructional media in the form of trainer and Motorcycle Electricity Maintenance module with which not use by students of class XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. This research uses the ADDIE Research and Development (R D) method proposed by Robert Maribe Branch namely (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Data retrieval is done by validating the form of questionnaire to the development result to media expert and material expert. Furthermore response test by students in the form of questionnaires and tests. The questionnaires were filled by students of class XI TSM 1 totaling 30 students in the form of data on the result of the students assessment of trainers and modules. While the test is done in the form of pretest and posttest related to trainer and learning system lighting module both of which are class XI TSM 1 amounted to 30 students and who do not use the class XI TSM 2 amounted to 30 students. The result of the research shows the quality of the trainer and the module as follows (1) the media expert s validation result shows the trainer and module eligibility level of 92.67% (2) the validation result of the lecturer and teacher experts shows the level of trainer and module eligibility 92.34% And 93.90% (3) result of student test show trainer and module feasibility level equal to 97.18% (4) from result of pretest class XI TSM 1 and XI TSM 2 got average value equal to 67.07 and 67.33 from result of posttest grade XI TSM 1 and XI TSM 2 obtained mean value equal to 88.93 and 72.13. The conclusion obtained from this research is the trainer and module of Motorcycle Electricity Maintenance is valid and can be used as a learning media on the competence of motorcycle lighting system by the students of class XI TSM SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi and there is a significant difference in the average final / Posttest between the trainer and the learning module of the motorcycle lighting system with those that do not use the trainer and learning module of the motorcycle lighting system.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43477

Actions (login required)

View Item View Item