Studi pelaksanaan praktik kerja industri untuk mempersiapkan enaga terampil di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Devi Arta Mefinal - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pelaksanaan praktik kerja industri untuk mempersiapkan enaga terampil di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Devi Arta Mefinal

Mefinal, Devi Arta (2017) Studi pelaksanaan praktik kerja industri untuk mempersiapkan enaga terampil di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Devi Arta Mefinal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mefinal Devi Arta. 2017. Studi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri untuk Mempersiapkan Tenaga Terampil di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (2) Dr. Drs. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci praktik kerja industri tenaga terampil SMK Pendidikan merupakan salah satu sektor yang saling berkaitan dengan berbagai sektor lainnya. Pendidikan bermaksud untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi sumberdaya manusia. Dalam pendidikan kejuruan pembelajaran dibagi menjadi dua hal yaitu pembelajaran teori dan pembelajaran praktik baik itu praktik di bengkel sekolah maupun praktik kerja di lapangan yaitu dengan Praktik Kerja Industri. Tujuan utama dari program Praktik Kerja Industri adalah untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran pada pendidikan kejuruan guna mencapai tujuan pendidikan kejuruan secara maksimal agar memiliki keterampilan yang sesuai dengan lapangan kerja. Dalam upaya melaksanakan Praktik Kerja Industri pihak sekolah terlebih dahulu melakukan kerja sama dengan Dunia Usaha/Industri agar tercipta link and match antara pelajaran yang disampaikan di sekolah dapat diaplikasikan di Dunia Usaha/Industri. Untuk hal itu berbagai upaya dilakukan oleh pihak sekolah untuk mempersiapkan peserta didik dalam rangka memasuki masa Praktik Kerja Industri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memaparkan data dari hasil observasi wawancara dan dokumentasi serta untuk memberikan gambaran umum tentang praktik kerja industri yang didapatkan data dari hasil temuan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti meliputi observasi wawancara dan dokumentasi serta triangulasi data. Dari hasil pengumpulan melalui observasi wawancara dan dokumentasi serta triangulasi data dapat digambarkan tentang pelaksanaan praktik kerja industri untuk mempersiapkan tenaga terampil. Hasil dari penelitian ini diketahui (1) Persiapan sekolah untuk pelaksanaan Praktik Kerja Industri dengan membuat program kerja Praktik Kerja Industri kemudian sekolah memberikan sosialisasi kepada guru pembimbing melalui guru pembimbing disampaikan kepada peserta didik tentang pelaksanaan Praktik Kerja Industri berupa materi teoritis maupun materi non teoritis selanjutnya sekolah akan memberikan sosialisasi kepada semua guru dan mewajibkan bagi guru pembimbing untuk melaksanakan OJT (On the Job Training) terlebih dahulu bagi guru yang sudah pernah menjadi pembimbing maka sekolah akan langsung memberikan surat tugas kepada guru tersebut untuk membimbing peserta didik dalam melaksanakan Praktik Kerja Industri untuk mendukung pelaksanaan praktik kerja industri Fasilitas yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sama dengan standart yang ada di industri selanjutnya Sekolah berupaya memberikan sosialisasi kepada siswa kelas XI khususnya melalui guru produktif atau melalui guru pembimbing dengan cara pembelajaran praktik maupun pengetahuan umum (2) Proses pembimbingan dari sekolah dilakukan oleh guru pembimbing masing-masing dengan cara memberikan informasi tentang budaya yang ada di industri tersebut selanjutnya SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dalam melaksanakan Praktik Kerja Industri ini menggunakan (block release) hal ini dapat dilihat dari peraturan sekolah yang telah mewajibkan bagi peserta didiknya untuk melakukan Praktik Kerja Industri minimal 3 bulan di industri hal ini juga didukung oleh industri yang meminta peserta didik untuk melakukan kegiatan Praktik Kerja Industri minimal 2 bulan kemudian selama melaksanakan Praktik Kerja Industri peserta didik mendapat pengawasan dari guru pembimbingya masing-masing minimal 1 bulan sekali dengan cara dikunjungi peran seorang guru pembimbing sangatlah penting karena sebagai penghubung antara sekolah orang tua dan industri (3) untuk penilaian Sekolah tidak memberi nilai yang memberikan nilai adalah industri tempat peserta didik tersebut melaksanakan Praktik Kerja Industri selanjutnya untuk evaluasinya dilakukan dengan cara melakukan rapat bersama antara pihak sekolah dan pihak industri untuk pelaporan evaluasi dengan cara melihat laporan yang telah dibuat oleh peserta didik tersebut maupun laporan dari guru pembimbing. Saran yang diberikan dalam skripsi ini yaitu (1) peserta didik sebaiknya memilih tempat industri yang telah disarankan oleh sekolah karena sekolah telah memilih tempat industri yang terbaik untuk meningkatkan kualitas bagi lulusannya (2) sebaiknya guru pembimbing diberikan diklat untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam pelaksanaan praktik kerja industri (3) industri sebaiknya lebih banyak melakukan kerja sama dengan sekolah karena industri dapat berperan sebagai sumber belajar tempat belajar dan sarana pendidikan bagi peserta didik SMK (4) sebaiknya pihak sekolah juga memberikan nilai kepada peserta didik agar nilai yang diperoleh peserta didik tidak seluruhnya dari industri (5) Penelitian ini tentunya masih banyak kekurangan yang perlu untuk ditambahkan harapannya peneliti selanjutnya dapat memperdalam dan melengkapi kekurangan yang ada dalam penelitian ini agar dapat digunakan dalam proses pelaksanan Praktik Kerja Industri untuk mempersiapkan tenaga terampil di SMK sehingga pelaksanan praktik kerja industri di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen khususnya dan SMK lainnya menjadi lebih baik lagi. ABSTRACT Mefinal Devi Arta. 2017. Accomplishment Study of Internship to Prepare Skillful Labour in SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Sarjana s Thesis Mechanical engineering department engineering faculty State University of Malang. Advisors (1) Dr. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (2) Dr. Drs. Syarif Suhartadi M.Pd. Keywords internship program skillful SMK Education is one sector that is interconnected with various other sectors. Education is intend to develope human potential resources. The effort a vocational education are devide into two things which are theoretical study and practice whether school workshop as well as in the field that is call Industrial Work Practice. The main purpose of this program is to achieve maximum skill in the field. In order to accomplish Industrial Work Practice the school cooporate with Industrial side to create link and match between the lesson in the school that will use in Industrial World.To achieve it the school have to prepare the student before enter the Industrial Cheerful Practice. The research uses qualitative descriptif method to aims the explanation data from observation interview and documentation and to give an overview about the Industrial Work Practice by research result. This research was conducted in SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. The collection data procedure by researchers include interview observation and documentation also triangulation of data. From the results of collecting observations interviews and documentation and triangulation of data to describe the implementation of Industrial Work Practice to prepare skill full manpower. The results of this study the conclusion are (1) School preparation for the implementation of the Industrial Work Practice by creating a work program of Industrial Work Practice then provide socialization to students in the form of theoretical material and nontheoretical. And then the school will provide socialization to all tutor and must do OJT (on the job training) first for theacers who have been tutor then the school will immediately give a letter of assigment. To support the implementation of Industrial Work Practice facilities in SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen same as the existing standard in the industry. School attempt to provide socialization to students of class XI especially productive theacers or tutors with practical learning and general knowledge. (2) The process of guidance from the school is done by each teacher by providing information about the existing culture in the industry then SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen in implementing this Industrial Work Practice using (block release) this can be seen from school arrangement which has obliged Learners to do the Industrial Cheating Practice at least 3 months in the industry it is also supported by industries that ask students to do Industrial Work Practice activities at least 2 months later during the Industrial Cheerful Practice learners get supervision from the tutor each is minimal Once a month is visited the role tutor is very important because as a link between school parents and industry (3) for the assessment schools don t provide value Industries that deliver value. Then for the evaluation is done by meeting together between the school and the industry for reporting the evaluation by looking at reports that have been made by the students and the report of the tutor. Suggestions given in this thesis that is (1) Students should choose the industry that has been suggested by the school because the school has chosen the best industrial place to improve soft skills (2) the tutor should be given training to improve the quality of learners in the implementation Industrial Work Practice (3) industry should do more cooperation with school because industry can play a role as learning resource place of study and educational facility for students (4) School should give value to students so that value obtained is not all from industrial. (5) This research is certainly still many shortcomings that need to be added hopefully the next researcher can deepen and complete the shortcomings of what is in this research to be used in the process of accomplishment the Industrial Work Practices to prepare skillful labour in SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen in particular and other Vochational Hight School be better.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43476

Actions (login required)

View Item View Item