Modifikasi muffler untuk menurunkan tingkat kebisingan, emisi gas buang CO dan HC / Muchammad Soleh - Repositori Universitas Negeri Malang

Modifikasi muffler untuk menurunkan tingkat kebisingan, emisi gas buang CO dan HC / Muchammad Soleh

Soleh, Muchammad (2017) Modifikasi muffler untuk menurunkan tingkat kebisingan, emisi gas buang CO dan HC / Muchammad Soleh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Soleh Muchammad. 2017. Modifikasi Muffler Untuk Menurunkan Tingkat Kebisingan Emisi Gas Buang CO dan HC. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mardji M. Kes. (II) Drs. Ir. Eko Edi Purwanto S.E. M.pd. M.M. Kata Kunci Modifikasi Muffler Kebisingan CO HC. Modifikasi muffler adalah suatu kegiatan yang dilakukan pada konstruksi muffler dengan tujuan agar menghasilkan suara yang berbeda akibat dari peredaman gas buang hasil pembakaran yang akan mempengaruhi performa kerja mesin pada kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan (1) Menemukan pengaruh modifikasi muffler untuk menurunkan tingkat kebisingan. (2) Menemukan pengaruh modifikasi muffler untuk menurunkan kadar CO. (3) Menemukan pengaruh modifikasi muffler untuk menurunkan kadar HC. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan menggunakan tiga variabel. Dimana variabel bebasnya adalah variasi bahan muffler yaitu standart muffler berbasis arang muffler berbasis air dan muffler berbasis steel wool. Sedangkan variabel terikatnya adalah tingkat kebisingan dan masing-masing kadar kandungan CO dan HC pada gas buang diperoleh dengan menggunakan sound level meter dan gas analyzer . Data yang diambil mulai dari 1500 rpm hingga 4000 rpm dengan kenaikan 500 rpm kemudian statistik parametrik dengan menggunakan metode one way anova digunakan untuk menganalisis data yang dibantu oleh SPSS 18 untuk windows. Berdasarkan data variasi tingkat kebisingan muffler yang berbeda perbedaan yang signifikan dari tingkat kebisingan/penyerapan antara muffler standard dan muffler berbasis air sehingga p 0.002. Perbedaan yang signifikan antara muffler berbasis arang dan muffler berbasis air sehingga p 0.005. Terakhir perbedaan yang signifikan antara muffler berbasis steel wool dan muffler berbasis air sehingga p 0.009 oleh karena itu muffler berbasis air memiliki kemampuan menyerap suara terbaik di antara muffler berbasis lainnya. Di sisi lain tidak ada perbedaan yang signifikan pada penyerapan kadar CO dan HC yang diperoleh antara semua jenis muffler karena menurut perhitungan dengan menggunakan SPSS nilai p 0 697 0 05 dan p 0 603 0 05 dapat disimpulkan untuk masing-masing kadar emisi gas buang CO dan HC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43471

Actions (login required)

View Item View Item