Budiyanto (2017) Pengaruh penggunaan pegas katup standart dan racing pada Jupiter Z terhadap daya dan akselerasi kendaraan / Budiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Budiyanto. 2017. Pengaruh Penggunaan Pegas Katup Standart dan Pegas Katup Racing pada Jupiter Z terhadap Daya dan Akselerasi Kendaraan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci pegas katup standart pegas katup racing daya akselerasi Yamaha Jupiter Z 2008 Pegas katup adalah salah satu komponen mekanisme katup yang berperan penting untuk proses pembakaran pada ruang bakar yang prinsip kerjanya adalah dengan mengembalikan/menekan katup agar cepat menutup dengan rapat. Semakin cepat katup menutup maka akan semakin cepat pula proses pembakaran dan akan menghasilkan tenaga yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Pegas Katup Standart dan Pegas Katup Racing Pada Jupiter Z Terhadap Daya dan Akselerasi Kendaraan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan pegas katup standart dan pegas katup racing sedangkan variabel terikat dalam penelitian yaitu konsumsi daya dan akselerasi kendaraan. Pengambilan data dilakukan sebanyak 5 kali pada setiap putaran mesin yang uji yaitu 3500 rpm sampai 9000 rpm dengan tahap kenaikan 500 rpm. Uji hipotesis dilakukan menggunakan metode statistik parametrik Paired Sample T Test dengan uji prasyarat berupa uji normalitas data menggunakan Kolmogrov Smirnov Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh daya sepeda motor terendah yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 3500 rpm dengan hasil 5492 Hp dan daya sepeda motor tertinggi yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 7500 rpm mencapai 11072 Hp. Sedangkan akselerasi sepeda motor tertinggi yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 4500 rpm dengan hasil 1 28 m/s 2 dan akselerasi sepeda motor terendah yang dihasilkan pada pemasangan pegas katup racing pada putaran 9000 rpm dengan hasil 0 73 m/s 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh atau perbedaan yang signifikan pada daya dan akselerasi mesin Jupiter Z terhadap variasi penggunaan pegas katup standart dan pegas katup racing. Disarankan agar pada penelitian berikutnya menggunakan beberapa macam pegas katup seperti pegas katup biasa pegas katup standart dan beberapa macam pegas katup racing agar hasil penelitian yang dilakukan lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |