Pengembangan modul sistem pendingin untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nurul Huda Multimedia Poncokusumo Kabupaten malang / Achmad Isomuddin Khariri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sistem pendingin untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nurul Huda Multimedia Poncokusumo Kabupaten malang / Achmad Isomuddin Khariri

Khariri, Achmad Isomuddin (2017) Pengembangan modul sistem pendingin untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nurul Huda Multimedia Poncokusumo Kabupaten malang / Achmad Isomuddin Khariri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khariri Achmad Isomuddin. 2017. Pengembangan Modul Sistem Pendingin Untuk Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nurul Huda Multimedia Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata kunci bahan ajar modul sistem pendingin teknik kendaraan ringan Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan tambahan refrensi bahan ajar beupa modul untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nurul Huda Multimedia Poncokusumo Kabupaten Malang serta mengetahui kualitas produk bahan ajar modul yang dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran sistem pendingin. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick dan Carey yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis instruksional (3) menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan instrumen penelitian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8)merancang dan melaksanakan evaluasi dan (10)merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif namun dalam penelitian ini untuk langkah ke-10 tidak dilakukan karena keterbatasan waktu untuk melakukan seluruh kegiatan belajar dalam satu semester. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang diberikan kepada ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil berupa hasil tanggapan media pembelajaran terhadap enam siswa dan uji coba lapangan berupa nilai evaluasi siswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif untuk menilai kevalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasil saran dan tanggapan dari para validator secara lisan oleh pengembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul sistem pendingin yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media memperoleh prosentase 95.83% yang termasuk kriteria valid data dari ahli materi memperoleh prosentase 80.83% yang termasuk kriteria valid hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan modul sistem pendingin yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik (91.7%) dan uji coba lapangan memperoleh nilai pre-test dengan rata-rata 65 dan nilai post-test memperoleh nilai terendah yang didapat siswa adalah 75. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. ABSTRACT Khariri Achmad Isomuddin. 2017. The Development of Instructional Materials of Cooling System Module for Class X Vehicle Engineering at SMK Nurul Huda Multimedia Poncokusumo Malang. Thesis. Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Keywords theaching materials cooling system module vehicle engineering This developmental research aimeds to generate additional references of teaching materials in the form of modules for students of class X vehicle engineering at SMK Nurul Huda Multimedia Poncokusumo Malang and to recognize the quality of the modules produced so that it could be used in the cooling system learning. The development method on this research use a model of Dick and Carey development model consisting of 10 step namely (1) identifying learning objectives (2) doing the instructional analysis (3) analyzing the characteristics of student and contexts of learning (4) formulating specific learning objectives (5) developing assessment instruments (6) developing learning strategies (7) developing and selecting teaching materials (8) designing and implementing the formative evaluation (9) revising the instructional program and (10) designing and developing a summative evaluation but in this study the researcher did not measure the 10 step since it would not possible to perform all the learning activities whitin one semester. Data collecting instrument of the research is a questionnaire that given to the media expert material experts trial test of small group showed learning media response against six students and field try test use score from evaluation. The type of data obtained of quantitative data was to assess the validity of media products. In addition that data quantitative show the result of suggestions from respondent. The results showed that the cooling system module has been developed based on an assessment of media experts gain percentage 95.83% valid criteria which included data from material experts acquire a percentage 80.83% of the valid criteria trial test results of small group showed that cooling system module has excellent quality (91.7%) and obtains a pre-test value with an average of 65 and the post-test value obtains the students minimum score is 75. However based on the results of the data acquisition it is known that the learning media in this research was valid and fit for use in learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43465

Actions (login required)

View Item View Item