Pengaruh Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) Berkonteks Socioscientific Issues (SSI) Mode Hybrid Materi Laju Reaksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) Berkonteks Socioscientific Issues (SSI) Mode Hybrid Materi Laju Reaksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia

khusmawardani, Eli (2022) Pengaruh Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) Berkonteks Socioscientific Issues (SSI) Mode Hybrid Materi Laju Reaksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis dan literasi kimia merupakan ketrampilan hidup dan dunia kerja Abad ke-21. Keterampilan ini telah dijadikan sebagai capaian pembelajaran di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pembelajaran Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) berkonteks Socioscientific Issues (SSI) merupakan inovasi pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik melalui penyelidikan dan dapat memfasilitasi terlatihnya berpikir kritis dan literasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar keterampilan berpikir kritis (KBK) dan kemampuan literasi kimia (LK) siswa dalam pembelajaran ESII berkonteks SSI mode hybrid dibandingkan dengan pembelajaran Direct Instruction (DI). Rancangan penelitian ini adalah quasy experimental pretest-posttest control group design ssampel penelitian adalah 62 peserta didik kelas XI IPA SMA Mojosari tahun pelajaran 2021/2022 yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan berdasarkan kerangka Facione (2020) dan tes kemampuan literasi kimia yang dikembangkan berdasarkan kerangka OECD (2018). Analisis data menggunakan Independent Sample t-Test, N-Gain score, dan Cohens effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBK dan LK materi Laju Reaksi peserta didik yang dibelajarkan menggunakan ESII berkonteks SSI lebih baik daripada yang dibelajarkan menggunakan DI. Hasil uji Independent Sample t-Test menunjukkan terdapat perbedaan KBK kelas ESII-SSI dengan kelas DI, begitupun dnegan LK kedua kelas. Skor rata-rata KBK kelas ESII-SSI (70,32) lebih tinggi dari pada KBK kelas DI (56,34). Skor rata-rata LK kelas ESII-SSI (67,68) juga lebih tinggi dari pada LK kelas DI (57,09). N-gain score dan effect size Cohens KBK kelas ESII-SSI berturut-turut adalah g =0,58 (sedang) dan d = 1,40 (much larger than typical). Sedangkan N-gain score dan effect size Cohens LK kelas ESII-SSI berturut-turut adalah g =0,54 (sedang) dan d = 0,808 (much larger than typical). Implikasi penelitian ini adalah ESII-SSI dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:42
Last Modified: 25 Sep 2023 02:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item