Hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru dan kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar praktikum kelistrikan siswa kelas XI di SMKN 6 Malang / Made Kusbanu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru dan kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar praktikum kelistrikan siswa kelas XI di SMKN 6 Malang / Made Kusbanu

Kusbanu, Made (2017) Hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru dan kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar praktikum kelistrikan siswa kelas XI di SMKN 6 Malang / Made Kusbanu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusbanu Made. 2017. HubunganPersepsi Siswa tentang Fasilitas Peralatan Kelistrikan Performansi Guru dan Kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Praktikum Kelistrikan Siswa Kelas XI di SMKN 6 Malang. Skripsi JurusanTeknikMesin FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Ir. Eko Edi Purwanto S.E. M.Pd. M.M. (2) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci persepsi siswa fasilitas peralatan kelistrikan performansi guru kesiapan Belajar hasil belajar Persepsiadalahsuatu proses yang ditempuhindividuuntukmengorganisasikandanmenafsirkankesan-kesaninderamereka agar memberimaknabagilingkungan. Komponenyang berperan sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar praktikum kelistrikan siswa adalah fasilitas peralatan kelistrikan performansi guru serta kesiapan dari siswa itu sendiri dalam mengusai kompetensi tentang kelistrikan.Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar tingkat hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan performansi guru dan kesiapan siswa dengan hasil belajar SMKN 6 Malang. Penelitianinitergolong penelitian ex post fakto. Populasi dalam penelitianiniadalahsemua siswakelas XITeknikKendaraan Ringanyang berjumlah 157 siswa sementara sampel yang diambil berjumlah 71 siswa dari populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data yang diperolehkemudian diujidenganujiprasyarat analisisdanujihipotesisuntukmengetahuihubunganantaravariabelbebasdenganvariabelterikatbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Dengan teknik analisis product moment pada hipotesis pertama kedua dan ketiga serta dengan teknik analisis regresi pada hipotesis ke empat. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada hubungan antara hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan dengan hasil belajar nilai r .242 (2) ada hubungan persepsi siswa tentang performansi guru dengan hasil belajar nilai r .263 (3) ada hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar r .364 dan (4) ada hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan performansi guru dan kesipan siswa dengan hasil belajar R square .147. Kesimpulan yang bisa ditarik dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan performansi guru dan kesiapan belajar siswa tergolong baik sehingga mempengaruhi hasil belajar yang baik pula. Dari penelitian ini peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) kepada pihak sekolah agar lebih meningkatkan kelengkapan dan kelayakan peralatan kelistrikan yang kurang dan sedikit tidak layak pakai. (2) Guru agar lebih meningkatkan performansinya dalam kelas supaya siswa aktif belajar dan memberi motivasi supaya siswa memiliki kesiapan beajar yang baik. (3) Peneliti selanjutnya menjadikanhasilpenelitianinisebagaiacuanuntukmengembangkanpenelitiansejenisdenganvariabelberbeda yang belumadapadapenelitianini. Variabel lain yang bisaditelitisepertimotivasibelajarsiswa rasa percayadiri konsentrasibelajar kebiasaanbelajar karakteristiksiswa pemahamansiswatentangpraktikumkelistrikan bagaimanaprosedurpelaksanaanpraktikumkelistrikan bagaimanasikapdarisiswatersebutpadasaatmelaksanakanpraktikumkelistrikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43459

Actions (login required)

View Item View Item