Pengembangan modul dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan dasar-dasar elektronika untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK negeri 10 Malang / Ahmad Jama Adi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan dasar-dasar elektronika untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK negeri 10 Malang / Ahmad Jama Adi

Adi, Ahmad Jama (2017) Pengembangan modul dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan dasar-dasar elektronika untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK negeri 10 Malang / Ahmad Jama Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adi AhmadJama. 2016. PengembanganModuldenganMenerapkanStrategiPembelajaranInkuiripadaPokokBahasanDasar-DasarElektronikauntukSiswaKelas X TeknikKendaraanRingan di SMK Negeri 10 Malang.Skripsi JurusanTeknikMesin Program Studi S1 PendidikanTeknikOtomotif FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SyarifSuhartadi M.Pd (II) Drs. Imam MudaNauri S.T. M.T. Kata kunci strategipembelajaraninkuiri modul dasar-dasarelektronika. Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkan tambahan refrensibahan ajar berupa moduluntuksiswakelas XTeknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10Malang sertamengetahuikualitasprodukbahan ajar modul yang dihasilkansehinggalayakdigunakandalampembelajarandasarelektronika. Metodepengembangan yang digunakandalampengembanganiniadalah model pengembangan Dick dan Carey yang terdiridari 10 langkah.Langkah-langkahtersebutantara lain (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis instruksional (3) menganalisiskarakteristiksiswadankontekspembelajaran (4) merumuskan tujuan pembelajarankhusus (5) mengembangkan instrumenpenilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengem-bangkan danmemilihbahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) melakukanrevisi terhadap program pembelajaran dan (10) merancang dan mengembangkanevaluasi sumatif namundalampenelitianiniuntuklangkah ke-10 tidakdilakukankarenaketerbatasanwaktuuntukmelakukanseluruhkegiatanbelajardalamwaktusatu semester.Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang diberikan ke pada ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berupa hasil tanggapan media pembelajaran. Hasildaripenelitiandanpengembanganinitelahmelalui 3 tahapujicobaformatif yaitu (1) ujiahli media danujiahlimateri (2) ujicobakelompokkecil (3) ujicobakelompokbesar. Dari ketigatahapujicoba yang telahdilakukandidapathasilsebagaiberikut (1) ahlimediamendapatkanpersentasesebesar95 48% dinyatakansangat valid danahlimateripembelajaranmendapat kanper sentasesebesar87 29% dinyatakansangat valid (2)ujicobakelompokkecilmendapatkanpersentasesebesar 96 78% yang berartisangat valid (3)ujicobakelompokbesarmendapatkanpersentasesebesar 90 18% yang berartisangat valid. Berdasarkanhasilperolehan data menunjukkanbahwa media pembelajaran yang telahdikembangkanpadapenelitianpengembanganinidinyatakanvalid danlayakdigunakansebagai mediapembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43458

Actions (login required)

View Item View Item