Aplikasi ferro oxide (Fe2O2) sebagai katalis pada bahan bakar RON 88, RON 90, RON 92 dan RON 98 untuk mengurangi emisi gas buang (CO dan HC) / Lukman Agung Bachtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi ferro oxide (Fe2O2) sebagai katalis pada bahan bakar RON 88, RON 90, RON 92 dan RON 98 untuk mengurangi emisi gas buang (CO dan HC) / Lukman Agung Bachtiar

Bachtiar, Lukman Agung (2017) Aplikasi ferro oxide (Fe2O2) sebagai katalis pada bahan bakar RON 88, RON 90, RON 92 dan RON 98 untuk mengurangi emisi gas buang (CO dan HC) / Lukman Agung Bachtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bachtiar Lukman Agung. 2017. Aplikasi FerroOxide (Fe2O3) Sebagai KatalisPada Bahan Bakar RON 88 RON 90 RON 92 dan RON 98 Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang (CO dan HC). Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd. M.T. Ph.D. (2) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Fe2O3 Katalis Bahan Bakar RON 88 RON 90 RON 92 RON 98 CO dan HC. Perkembangan teknologi di berbagai bidang khusunya di bidang transportasi darat menyebabkanjumlah kendaraan bermotor dengan berbagai jenis dan merk meningkat sangat tajam. Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor tersebut memicu terjadinya pencemaran udara dan peningkatan jumlah emisi gas buang. Emisi yang dikeluarkandari gas buangkendaraanbermotoradalah gas CO sebesar 70 50% gas HC sebesar18 34%. Untuk mengurangi efek negatif yang berlebihan dibutuhkan perlakuan khusus salah satunya dengan penerapan katalis pada sistem pengeluaran gas buang. Fe2O3adalah suatu campuran kimia yang dapat diaplikasikan pada katalis untuk mengurangi emisi gas buang tersebut. Fe2O3 mampu mengikat unsur CO dan HC yang terkandung dalam gas sisa pembakaran motor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap pertama pengambilan data kadar emisi gas buang CO dan HC dengan bahan bakar RON 88 RON 90 RON 92 dan RON 98 pada sepeda motor tanpa penerapan Fe2O3. Kedua pengambilan data kadar emisi gas buang CO dan HC dengan pengaplikasian Fe2O3 sebagai katalis. Pengambilan data ini dilakukan dengan alat gas analyzer untuk mengetahui kadar emisi gas buang CO dan HC. Media dalam penelitian ini menggunakan sepeda motor Honda Mega Pro 150 CC tahun perakitan 2013 dan menggunakan tachometer. Metode yang digunakan adalah membandingkan jumlah emisi gas buang antara tanpa penerapan Fe2O3 sebagai katalis dengan penerapan katalis pada kendaraan menggunakan prototipe yang sudah dimodifikasi sedemikain rupa berdasarkan jurnal-jurnal yang sudah di telaah. Pada pengaplikasiaannya setiap jenis bahan bakar dilakukan pengambilan data pada 1500 rpm hingga 6000 rpm dengan kelipatan 500 rpm. Hal ini dilakukan untuk memastikan keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan pengaplikasian Fe2O3 sebagai katalis hanya mampu mengurangi kadar CO secara signifikan pada RON 88 yakni 91 43 % kadar CO dan HC pada RON 88 dan RON 92 yakni 53 27 % dan 91 07 % kadar HC. Hal ini terjadi karena Fe2O3 yang digunakan berukuran mikropartikel yang tidak mampu mengadsorbsi dengan maksimal serta RON 88 yang menghasilkan kadar CO dan HC yang tinggi dibandingkan dengan RON yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan RON 88 menggunakan teknologi dan campuran yang kurang baik untuk motor bensin 4 tak di jaman ini. ABSTRACT Bachtiar Lukman Agung. 2017. FerroOxide(Fe2O3) Application as Catalytic converter in Fuel RON 88 RON 90 RON 92 and RON 98 for Reducing Emission (CO and HC). Thesis. Mechanical Engineering Department Engineering Faculty State University of Malang. Advisor (1) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd. M.T. Ph.D. (2) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Key Words Fe2O3 Catalytic converter Fuel RON 88 RON 90 RON 92 RON 98 CO and HC. Technology development in various fields especially in the field of ground transportation to cause the number of motor vehicles with different types and brands sharp increases. The growth of the number of motor vehicles can trigger the air pollution and the increase in the number of gas emissions. Emission who are expelled from the exhaust gases motor vehicles is gas CO amounting to 70 50 % gas HC as much as 18 34%. Reducing excessive negative effect needed special treatment one of them with the implementation of the catalytic converter in the fuel gas discharge system. Fe2O3 is a chemical compound can be applied on the catalytic converter for reducing emission of the gas. Fe2O3 be able of binding CO element and HC that contained in gas combustion. This study was an experimental study. This study was conducted in two stages first data retrieval of exhaust emission level of CO and HC with fuel RON 88 RON 90 RON 92 and RON 98 on a motorbike without Fe2O3 application. Second data retrieval of exhaust emission level of CO and HC with Fe2O3 application as catalytic converter. This data retrieval was conducted with gas analyzer to determine exhaust emission level of CO and HC. As the media this study was using motor Honda Mega Pro 150 CC assembly line in 2013. The methods used is to compare the amount of exhaust emission level of CO and HC with or without application of Fe2O3 as catalytic converter and with implementation of catalytic converter at the vehicle. At the implementation each type of fuel performed data collection at 1500 rpm to 6000 rpm in increments of 500 rpm. This is done to ensure the validity of the data that obtained. The resultof study showedthatapplicationFe2O3 as catalyticconverteronlyabletoreducetheexhaustemission level of CO significantlyat RON 88 itis24.36%levelsof CO and HC at RON 88 and RON 92 they are 82.08% and 38 14 % levelsof HC.Thisoccurredbecausethesizeof Fe2O3thatused in microparticle whichwas not capableofadsorbingtheemissionoptimally and RON 88 produced CO and HC in high level comparedwith a higher RON.Itwasbecause RON 88 usetechnologyandmixed a not tobegoodforgasoline motor 4 not thisperiod.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43456

Actions (login required)

View Item View Item