Ramadhan, Najih Gilang (2017) Pengaruh pemasangan femax terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Vega ZR / Najih Gilang Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK NajihGilangRamadhan. 2016. PengaruhPemasanganFemaxTerhadapKonsumsi BahanBakardanEmisi Gas BuangPadaSepeda Motor Vega ZR. Skripsi. JurusanTeknikMesin FakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam MudaNauri.S.T. M.T (2) Drs. Paryono.S.T. M.T Kata kunci Femax KonsumsiBahanBakar Emisi Gas Buang Perkembangan ilmu dan teknologi didunia terus berjalan seiringdenganpeningkatanjumlahkendaraansetiaptahunnyajugaakanberpengaruhpadajumlahkonsumsibahanbakar yang digunakan. Sedangkancadanganminyakbumiduniasemakintahunakansemakinberkurangkarenadihasilkandarifosil yang memilikiketerbatasanproduksidanakhirnyaakanhabis karenabahanbakartersebuttidakdapatdiperbarui. Seiringmeningkatnyajumlahkendaraanakanmengakibatkanemisi gas buangsisakendaraanbermotorakanmeningkat.Emisi gas buanginiakanberdampakburukterhadaplingkungandisekitarnyakarenamengandung gas-gas yang berbahaya. Untukmengurangidampak-dampaktersebutperluadanyaupayauntukmenyempurnakan proses pembakaranpadakendaraanbermotor yaitusalahsatunyadenganpemasanganfemax. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpemasanganfemaxterhadapkonsumsibahanbakardanemisi gas buangpadasepeda motor Vega ZR dandiperoleh alternative yang mengurangikonsumsibahanbakarpada motor bensinsehinggapemakaianbahanbakarlebihhematdanmenurunkankadaremisi gas buang. Penelitianinidilaksanakan di LabolatoriumTeknikMesinUniversitasNegeri Malang padatanggal 24-25 mei 2016. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianekperimental. Teknikanalisis yang digunakanadalahanalisis parametric menggunakanujibeda Paired Sample Test. Hasil yang didapatpadapenelitianiniialahselisihkonsumsibahanbakarantarapenggunaanfemaxdantanpapenggunaanfemaxsebesar (29 7 10ml/detik ). Selisihkadaremisi gas buang CO antarapenggunaanfemaxdantanpapenggunaanfemaxsebesar (0 1638 %) danselisihkadaremisi gas buang HC antarapenggunaanfemaxdantanpapenggunaanfemaxsebesar (7 6 ppm) . Berdasarkanhasilpenelitiandiatasdansetelahdilalukananalisis data dapatdisimpulkanbahwaadaperbedaan yang signifikanantaratanpapemasanganfemaxdandenganpemasanganfemaxterhadapkomsumsibahanbakar. Ada perbedaan yang signifikanantaratanpapemasanganfemaxpadakadaremisi gas buang CO danadaperbedaan yang signifikanantaratanpapemasanganfemaxdenganpemasanganfemaxterhadapkadaremisi gas buang HC. Untukpenelitianselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiandenganjeniskendaraan yang berbeda missalnyakendaraan yang sudahmenggunakansistemEFI baikpada motor tipematikmaupuntipemanual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |