Hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Septa Herlan Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Septa Herlan Efendi

Efendi, Septa Herlan (2017) Hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Septa Herlan Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efendi Septa Herlan. 2016. Hubungan Antara Berfikir Kreatif dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Dr. H. Yoto S.T. M.Pd. M.M. Kata kunci berfikir kreatif dukungan sosial prestasi belajar mahasiswa Berfikir kreatif merupakan kemampuan mental yang dimiliki seseorang untuk menemukan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda dengan melakukan pengubahan pengkombinasian dan penerapan kembali ide-ide yang sudah ada. Dukungan sosial merupakan suatu proses penafsiran seseorang terhadap bantuan yang diberikan kepadanya yang terdiri dari informasi atau nasehat perhatian emosi yang akan membuat seseorang merasa diperhatikan. Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang relevan dalam hal ini dilihat melalui nilai indeks prestasi komulatif (IPK) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berfikir kreatif dan dukunan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan sampel dimana dalam pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling pada poulasi yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuisioner (angket) kepada responden dan dokumen yaitu nilai IPK. Pada angket menggunakan kuisioner tertutup yang berskala likert. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis korelasional analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Terdiri dari berfikir kreatif (X1) dukungan sosial (X2) prestasi belajar (Y). Hasil penelitian menunjukan persentase dari tingkat berfikir kreatif (X1) dengan kriteria sangat tinggi (3 3%) tinggi (16 7%) dan cukup (54 4%) persentase dari dukungan sosial (X2) dengan kriteria sangat tinggi (15 6%) tinggi (30 0%) dan cukup (34 4%) dan persentase dari prestasi berlajar mahasiswa (Y) dengan kriteria sangat tinggi (10 0%) tinggi (36 7%) dan cukup (48 9%). Dan secara bersama-sama menujukkan bahwa berfikir kreatif dan dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 23% dan sisanya 77% dipengaruhi oleh faktor lain percaya diri bakat motivasi belajar dan lingkungan dll. Berdasarkan hasil penelitian hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiwa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yaitu pertama terdapat hubungan antara berfikir kreatif dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kedua terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Ketiga terdapat hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Saran dari penelitian dengan melihat hasil dan kesimpulan dari variabel berfikir kreatif dukungan sosial dan prestasi belajar maka peranan dosen keluarga teman dan lingkungan dalam pembelajaran sangat penting karena faktor tersebut sangat berpengaruh dengan prestasi belajar mahasiswa. Sehingga dengan adanya penelitian ini digunakan sebagai sumbangan informasi untuk menentukan kebijakan yang berhubungan dengan berfikir kreatif dukungan sosial dan prestasi belajar mahasiswa dan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan dalam meningkatkan kualitas lulusan yang lebih baik khususnya Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43451

Actions (login required)

View Item View Item