Pengaruh pergeseran pick up coil dalam sistem pengapian terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor Honda Astrea / Budiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pergeseran pick up coil dalam sistem pengapian terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor Honda Astrea / Budiono

Budiono (2017) Pengaruh pergeseran pick up coil dalam sistem pengapian terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor Honda Astrea / Budiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiono . 2016. Pengaruh Pergeseran Pick Up Coil Dalam Sistem Pengapian Terhadap Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Astrea . Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Muda Nauri. ST M.T. (2) Drs. Eko Edi Poerwanto Ir. S.E. M.Pd. M.M. Kata Kunci Pergeseran pick up coil Daya Motor dan Konsumsi Bahan Bakar . Indonesia dijadikan peluang besar oleh pengusaha otomotif sebagai sasaran penjualan berbagai produk otomotif. Dengan sangat pentingnya alat transportasi maka masyarakat akan memilih sepeda motor yang mempunyai tenaga besar irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Sehingga akan menggantikan sepeda motor yang lama dengan yang baru. Untuk mengatasi hal ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggeser sudut saat pengapian untuk dapat meningkatkan prestasi mesin. Sebab tanpa disadari semakin lama mesin digunakan dapat berpengaruh terhadap daya sepeda motor itu sendiri. Hal tersebut juga dipengaruhi dengan kondisi mesin itu sendiri ketepatan waktu pengapian membuat mesin bekerja secara optimal karena proses pembakaran terjadi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergeseran pick up coil dalam sistem pengapian terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Astrea dan diperoleh alternatif yang mempengaruhi daya dan konsumsi bahan bakar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimental. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji Anova Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya mesin lebih tinggi pada putaran 6000 rpm atau pada kecepatan 75 km/jam dan daya menurun pada putaran tinggi ketika posisi pick up coil digeser menjadi 16 7506 17 7506 dan 18 7506 karena semakin cepat bunga api dipercikan maka akan semakin cepat pula piston untuk mencapai posisi TMB sehingga dapat mengakibatkan kerugian daya ketika mesin berada pada putaran tinggi. Untuk konsumsi bahan bakar menunjukan bahwa konsumsi bahan bakar lebih boros pada saat posisi pick up coil digeser menjadi 16 7506 17 7506 dan 18 7506 sebab dengan sudut pengapian yang dimajukan maka menyebabkan bahan bakar akan terbakar lebih awal sehingga bakan bakar yang dibakar lebih banyak jika dibandingkan dengan yang standar semakin cepat bunga api dipercikan maka terjadi ledakan lebih awal pada ruang bakar ini mengakibatkan konsumsi lebih boros pada kecepatan tinggi dan mesin tersendat-sendat. Berdasarkan hasil penelitian diatas dan setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pergeseran pick up coil 16 7506 17 7506 dan 18 7506 dengan yang standar pada daya motor dan konsumsi bahan bakar. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan pengimbangan komponen lainnya pada sepeda motor Honda Astrea.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43447

Actions (login required)

View Item View Item