Pengaruh penggunaan injektor Vixion dan ECU racing pada sepeda motor Yamaha Mio J terhadap daya motor / Virjiawan Tristianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan injektor Vixion dan ECU racing pada sepeda motor Yamaha Mio J terhadap daya motor / Virjiawan Tristianto

Tristianto, Virjiawan (2017) Pengaruh penggunaan injektor Vixion dan ECU racing pada sepeda motor Yamaha Mio J terhadap daya motor / Virjiawan Tristianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tristianto Virjiawan. 2016. PengaruhPenggunaan Injector Vixiondan ECU racing padaSepeda Motor Yamaha Mio J TerhadapDaya Motor. Skripsi.JurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Paryono. ST M.T. (2) Drs.H.Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Injector Vixion ECU Racing danDaya Motor. Indonesia dijadikankesempatanbesarolehpengusahaotomotifsebagaipasarpenjualandariberbagaiprodukotomotif.Dengansangatpentingnyaalattransportasiinimakamasyarakatakanmemilihsepeda motor yangmempunyaitenagabesar iritbahanbakardanramahlingkungan.Saatiniberkembangteknologi EFI (electronic fuel injection) mesinsepeda motor untukpadamesinsepeda motor untukdapatmeningkatkanprestasimesinTanpadisadarisemakin lama mesindigunakandapatberpengaruhterhadapdayasepeda motor itusendiri..Hal tersebutjugadipengaruhidengankinerja injector padamesinberteknologi EFI injector berfungsisebagaipenyemprotbahanbakarkesaluranmasuk (intake manifold) biasanyasebelumkatupmasuk namunadajuga yang kethrottle body.Volume penyemprotandisesuaikanolehwaktupembukaan nozzle/injector. Lama danbanyaknyapenyemprotandiaturoleh ECU (Electronik Control Unit). Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpemasangan Injector Vixiondan ECU standardanpemasangan Injector standardan ECU racing danjugapemasangan Injector Vixiondan ECU racing terhadapdayapadasepeda motor Yamaha Mio J dandiperoleh alternative yang menambahdayapadapemakaiankomponentersebut yang menambahdaya motor. Penelitianinidilaksanakan di bengkel AUTO GARAGEpadatanggal 12 mei 2016. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianekperimental.Teknikanalisis yang digunakanadalahanalisis parametric menggunakanujibeda Paired Sample Test. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadayamesinlebihtinggipadasaatpenggunaan Injector Vixiondan ECU racing karena proses pencampuranbahanbakar yang lebihbanyakdansempurna yang diberikanoleh Injector Vixiondan ECU racing sehinggadaya yang dihasilkanmenjadilebihtinggidaripadapenggunaan Injector Vixiondan ECU standardanjugapenggunaan Injector standardanECU racingmaupundengandayamesin yang menggunakan Injector dan ECU standar. Berdasarkanhasilpenelitiandiatasdansetelahdilalukananalisis data dapatdisimpulkanbahwatidakadaperbedaan yang signifikanantarapenggunaan Injector Vixiondan ECU standardengan Injector dan ECU standart.Tidakadaperbedaan yang signifikanantarapenggunaan Injector standardanECU racingdenganpenggunaan Injector dan ECU standarpadadaya motor danadaperbedaan yang signifikanantarapenggunaan Injector Vixiondan ECU racing dengan Injector dan ECU standarterhadapdaya motor. Untukpenelitianselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiandenganpengimbangankomponenlainnyapada CVT (Continuously Variable Transmission) seperti rollerdan secondary sheavesepeda motor matic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43443

Actions (login required)

View Item View Item