Pengaruh pemakaian jenis spark plug dan variasi putaran mesin terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada motor bensin Honda Beat PGM-FI / Bagus Wiardi Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemakaian jenis spark plug dan variasi putaran mesin terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada motor bensin Honda Beat PGM-FI / Bagus Wiardi Pratama

Pratama, Bagus Wiardi (2017) Pengaruh pemakaian jenis spark plug dan variasi putaran mesin terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada motor bensin Honda Beat PGM-FI / Bagus Wiardi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Bagus Wiardi. 2016. Pengaruh Pemakaian Jenis Spark Plug Dan Variasi Putaran Mesin Terhadap Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Motor Bensin Honda Beat PGM-FI. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Paryono S.T. M.T. (2) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci Variasi Spark Plug Daya Mesin Konsumsi Bahan Bakar. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) penjualan sepeda motor nasional tumbuh 1 2% dari 7.771.014 unit pada 2013 menjadi 7.867.195 unit pada 2014.Hal ini membutuhkan upaya yang serius untuk menekan tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor serta membutuhkan upaya penghematan bahan bakar.Selain dituntut untuk menekan tingkat konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan bermotor juga harus memiliki daya yang tinggi. Ada beberapa hal yang mempengaruhi daya sebuah kendaraan bermotor antara lain (1) Bahan Bakar (2) Tekanan Kompresi (3) Pengapian. Pada sistem pengapian komponen yang paling berperan penting adalah spark plug. Penelitian ini merupakan peneltian eksperimental. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment Design. Penelitian ini menggunakan variasi spark plugyang terdiri dari Spark Plug Standart Spark Plug Platinum dan Spark Plug Iridium. Pengujian dilakukan pada putaran 2000 rpm sampai 5000 rpm dengan rentan 500 rpm untuk melihat pengaruh pemakaian variasi spark plug terhadap daya dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan penggunaan variasi spark plug terhadap daya.Kenaikan daya berbanding lurus dengan kenaikan rpm mesin. Pada rpm 5000 daya maksimal yang dihasilkan oleh spark plug standart sebesar 7 2382 HP. Sementara itu pada rpm 5000 daya maksimal yang dihasilkan oleh spark plugplatinum sebesar 7 467 HP. Sedangkan daya maksimal yang dihasilkan oleh spark plug iridium pada rpm 5000 sebesar 7 902HP.Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan penggunaan variasi spark plug dengan konsumsi.Kenaikan konsumsi bahan bakar berbanding lurus dengan kenaikan rpm mesin. Pada 5000 rpm konsumsi bahan bakar spark plug standart meningkat sebesar 0 3336 kg/jam. Sementara itupada 5000 rpm konsumsi bahan bakar spark plugplatinumsebesar 0 328 kg/jam. Sedangkankonsumsi bahan bakar spark plugiridium pada rpm 5000sebesar 0 343 kg/jam. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensibagi pengguna kendaraan bermotor bengkel dan industri otomotif.Bagi pengguna kendaraan bermotor disarankan untuk menggunakan spark plug platinum karena spark plug platinum pada kendaraan bermotor dapat meningkatkan daya sebesar 5 63% dan menghemat bahan bakar sebesar 2 3%dari penggunaan spark plug standart. Penelitian ini juga dapat dijadikan rujukan bagi peneliti selanjutnyayang akan melakukan penelitian sejenis. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan meneliti pengaruh penggunaaanspark plug terhadap emisi gas buang khususnya pada sepeda motor injeksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43436

Actions (login required)

View Item View Item