Pengaruh penggunaan catalytic convertter berbahan akuminium terhadap emisi gas buang pada sepeda motor / Bayu Muslimatul Zakhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan catalytic convertter berbahan akuminium terhadap emisi gas buang pada sepeda motor / Bayu Muslimatul Zakhim

Zakhim, Bayu Muslimatul (2016) Pengaruh penggunaan catalytic convertter berbahan akuminium terhadap emisi gas buang pada sepeda motor / Bayu Muslimatul Zakhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakhim BayuMuslimatul. 2016. Pengaruh Penggunaan Catalytic Converter Berbahan AluminiumTerhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Partono M. Pd. (2) Drs. Eddy Rudiyanto M.Pd. Kata kunci Emisi Gas Buang Catalytic Conveter Aluminium Duralumin Catcon. Pesatnya pertumbuhan sepeda motor di Indonesiasetiap tahunnya terjadi peningkatan diatas 5 juta unit. Pertumbuhan ini sebanding dengan peningkatan polusi udara yang berbahaya bagi lingkungan serta kehidupan manusia. Diantaranya polutan berbahaya bagi manusia yaitu emisi gas Hidrocarbon(HC)dan Carbonmonoksida (CO).Oleh karena itu diperlukan pencegahan dengan cara mereduksi emisi gas buang menggunakan Catalytic Converter dan salah satu bahan alternatifnya adalah aluminium duralumin sebagai bahan yang berfungsi mempercepat laju reaksi oksidasi emisi gas buang diharapkan mampu mereduksi polutan berbahaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan Untukmengetahui(1) Seberapa besar pengaruh penggunaan knalpot dengan catalyticconverterberbahan Aluminium pada putaran mesin tingkat rendah (1500 rpm) terhadapreduksi emisi gas buang HC pada sepeda motor (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan knalpot dengan catalyticconverterberbahan Aluminium pada putaran mesin tingkat rendah (1500 rpm) terhadapreduksi emisi gas buang CO pada sepeda motor (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan knalpot dengan catalyticconverterberbahan Aluminium pada putaran mesin tingkat sedang (2500 rpm) terhadapreduksi emisi gas buang HC pada sepeda motor (4) Seberapa besar pengaruh penggunaan knalpot dengan catalyticconverterberbahan Aluminium pada putaran mesin tingkat sedang (2500 rpm) terhadapreduksi emisi gas buang CO pada sepeda motor (5) Seberapa besar pengaruh penggunaan knalpot dengan catalyticconverterberbahan Aluminium pada putaran mesin tingkat tinggi (4000 rpm) terhadapreduksi emisi gas buang HC pada sepeda motor (6) Seberapa besar pengaruh penggunaan knalpot dengan catalyticconverterberbahan Aluminium pada putaran mesin tingkat tinggi (4000 rpm) terhadapreduksi emisi gas buang CO pada sepeda motor. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Obyek dalam penelitian ini adalah sepeda Honda Supra X 125cctahun 2007. Analisis data yang dipakai adalah analisis Deskriptif dan penjelasan tertulis. Dari hasil penelitian menunjukkanbahwa (1) polutan berupa gas HC berhasil direduksi pada putaran mesin 1500 rpm sebesar24 49% (2) polutan berupa gas CO berhasil direduksi pada putaran mesin 1500 rpm sebesar 59 02% (3)polutan berupa gas HC berhasil direduksi pada putaran mesin 2500 rpm sebesar 26 59% (4) polutan berupa gas CO berhasil direduksi pada putaran mesin 2500 rpm sebesar 60 29%. (5) polutan berupa gas HC berhasil direduksi pada putaran mesin 4000 rpm sebesar30 44% dan (6) polutan berupa gas HC berhasil direduksi pada putaran mesin 4000 rpm sebesar62 38%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa catalytic converter Aluminiummampu mereduksi polutan berbahaya dan layak untuk digunakan. Disarankan agar penggunaan catalytic converter berbahanaluminiumjenis duralumin dapat diterapkan pada knalpot sepeda motor standar karena memberikan dampak positif terhadapreduksiemisi gas buangpada sepeda motor.Selain itu agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang komposisi bahan alternatif pembuat catalytic converter dan polutan berbahaya lain yang dihasilkan dari sisa pembakaran sepeda motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43435

Actions (login required)

View Item View Item