Perbandingan hasil belajar siklus mesin konversi energi Otto pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan model pembelajaran direct learning siswa kelas X SMKN 12 Malang / Edy Pramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar siklus mesin konversi energi Otto pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan model pembelajaran direct learning siswa kelas X SMKN 12 Malang / Edy Pramono

Pramono, Edy (2016) Perbandingan hasil belajar siklus mesin konversi energi Otto pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan model pembelajaran direct learning siswa kelas X SMKN 12 Malang / Edy Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perbandingan Hasil Belajar Siklus Mesin Konversi Energi Otto Pada Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model pembelajaran Direct Learning Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Malang Kata kunci model pembelajaran picture and picture model pembelajaran direct learning hasil belajar Dapat dipahami bawasannya pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal tersebut perlu ditingkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Pengkajian proses pembelajaran menuju kearah yang lebih efektif dan efisien tidak terlepas dari peranan guru sebagai ujung tombak pembelajaran di sekolah. (UU No.20 tahun 2003). Maka demi mewujudkan pendidikan yang sesuai tujuan tersebut peneliti membandingkan dua model pembelajaran yang paling efektif Model pembelajaran picture and picture model pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar. Atau jika di sekolah sudah menggunakan ICT dalam menggunakan Power Point atau software yang lain Model pembelajaran direct learning adalah model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif dengan ciri-ciri sebagai berikut (1)Transformasi dan ketrampilan secara langsung. (2)Pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu. (3)Materi pembelajaran yang telah terstuktur. (4)Lingkungan belajar yang telah terstruktur.(5)Distruktur oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment semu (Quasy Eksperimental Design) dengan post test only control group design. Rancangan ini digunakan karena pada prosesnya tidak dilakukan randomisasi sampel secara sesungguhnya. Pada penelitian ini diambil dua kelas dengan cara cluster random sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture sedangkan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol dikenai dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct learning). Hasil belajar pada hakikatnya yaitu berubahnya perilaku siswa meliputi kognitif afektif serta psikomotoriknya. Sehingga setiap guru pastinya akan mengharapkan agar hasil belajar peserta didiknya itu meningkat setelah melakukan proses pembelajaran. Dengan adanya perbandingan hasil belajar tersebut maka akan terlihat mana yang lebih baik diantara keduanya ditinjau kedua kelompok homogeny (sama) proses guru dan waktu keduanya sama. Maka hasil belajar siswa dengan kompetensi mesin konversi energi kelas X TKR dapat disimpulkan yang dilakukan perlakuan model pembelajaran picture and picture lebih baik dari pada yang dilakukan perlakuan model pembelajaran direct learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43434

Actions (login required)

View Item View Item