Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif 1 semester genap di SMK Negeri 1 Singosari / Agus Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif 1 semester genap di SMK Negeri 1 Singosari / Agus Saputra

Saputra, Agus (2016) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif 1 semester genap di SMK Negeri 1 Singosari / Agus Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Agus. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif I Semester Genap di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi pada kelas X TKR di SMK Negeri 1 Singosari yang dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2016 diperoleh informasi bahwa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif 1 menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran dan akhirnya menyebabkan siswa melakukan aktifitas di luar konteks pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif 1 dan karakteristik siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Singosari adalah model pembelajaran berbasis kooperatif tipe Numbered Heads Together. Model pembelajaran Numbered Heads Together merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siwa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif I semester genap di SMK Negeri 1 Singosari antara diajar menggunakan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy eksperiment atau eksperimen semu. Subyek pada penelitian ini adalah kelas X TKR 4 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan X TKR 1 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Subyek penelitian ini memiliki kemampuan awal yang sama berdasarkan pada data nilai UTS sebelum penelitian ini dilakukan. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together memperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 67 42 nilai tertinggi sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 40. Sedangkan siswa kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah memperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 50 76 nilai tertinggi sebesar 75 dan nilai terendah sebesar 25.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43433

Actions (login required)

View Item View Item