Pengaruh variasi diamater roller CVT (Continuosly Variabel Transmisssion) dan putaran mesin terhadap daya pada sepeda motor Honda Beat 108 cc / Muhammad Lukman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi diamater roller CVT (Continuosly Variabel Transmisssion) dan putaran mesin terhadap daya pada sepeda motor Honda Beat 108 cc / Muhammad Lukman Hakim

Hakim, Muhammad Lukman (2016) Pengaruh variasi diamater roller CVT (Continuosly Variabel Transmisssion) dan putaran mesin terhadap daya pada sepeda motor Honda Beat 108 cc / Muhammad Lukman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakim Muhammad Lukman. 2016. Pengaruh Variasi Diameter Roller CVT (Continuously Variable Transmission) Dan Putaran Mesin Terhadap Daya Pada Sepeda Motor Honda Beat 108 cc. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Partono M.Pd. (2)Drs. Imam Muda Nauri S. T. M. T. Kata Kunci Roller CVT Diameter Roller CVT (Continuously Variable Transmission) Daya Mesin. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat di masa sekarang menyebabkan dampak yang besar pada segala aspek kehidupan khususnya pada dunia otomotif. Dalam perkembangan yang semakin pesat ini banyak orang yang belum mengetahui tentang sistem transmisi sepeda motor. Transmisi otomatis atau yang dikenal dengan sebutan Continuous Variable Transmision (CVT) adalah transmisi yang dapat membuat kita dapat merasakan kenyamanan karena kita hanya perlu menarik gas tanpa memindahkan transmisi karena transmisi akan berpindah secara otomatis. Penelitian ini merupakan peneltian eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Design. Penelitian ini menggunakan variasi diameter roller CVT (Continously Variable Transmision) dengan diameter 16 mm (standart) 17 mm 18. Pengujian dilakukan pada putaran 2000 rpm sampai 6000 rpm dengan rentan 250 rpm untuk melihat daya mesin. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan bahwa penggunaan roller berdiameter 17 mm menghasilkan daya maksimum yang lebih besar karena gerakan roller sesuai dengan kapasitas mesin sedangkan penggunaan roller berdiameter 18 mm menghasilkan daya maksimum yang semakin menurun. Untuk daya mesin roller berdiameter 16 mm menghasilkan daya maksimum sebesar 7 59 Hp pada putaran mesin 5250 dan daya minimum sebesar 5 79 HP pada 2000 rpm. Roller dengan diameter 18 mmmenghasilkan daya maksimum sebesar 7 94 HP pada 5750 rpm dan daya minimum sebesar 3 609 HP pada 2000 rpm. Roller dengan diameter 17 mm menghasilkan daya maksimum sebesar 7 694 pada 5250 rpm dan daya minimum sebesar 6 338 pada 2000rpm. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa atau pihak lain yang akan melakukan penelitian lebih dalam tentang penggunaan variasi diameter roller CVT pada sepeda motor. Untuk peneliti selanjutnya variabel dalam penelitian ini hanya meneliti pengaruh terhadap daya selanjutnya dapat diteliti terhadap konsumsi bahan bakar dan top speed yang dihasilkan dari penggunaan variasi diameter roller CVT. Sebagai pertimbangan agar menggunakan roller berdiameter 17 mm untuk meningkatkan daya pada sepeda motor honda beat 108 cc.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43431

Actions (login required)

View Item View Item