Pengaruh pemasangan velocity stack pada throttle body Yamaha Vixion terhadap poer dan torque / Syahrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemasangan velocity stack pada throttle body Yamaha Vixion terhadap poer dan torque / Syahrullah

Syahrullah (2016) Pengaruh pemasangan velocity stack pada throttle body Yamaha Vixion terhadap poer dan torque / Syahrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahrullah. 2016.Pengaruh Pemasangan Velocity Stack pada Trottle Body Yamaha Vixion terhadap Power dan Torque. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumarli M.Pd M.T. (II) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Velocity Stack Power Torque Velocity Stackmerupakan suatu alat yang berfungsi untuk memperlancar udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Prinsip kerja alat ini dengan cara mengurangi kerugian udara masuk (efek koefisien udara masuk). Karena udara tidak bisa membelok 900. Dengan menambahkan alat ini maka aliran udara yang masuk ke ruang bakar akan semakin cepat dan semakin lancar (smooth). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui power dan torsi mesin sebelum dipasangVelocity Stack. (2) untuk mengetahui power mesin yang sudah dipasangi Velocity Stack. (3) mengetahui torsi yang dihasilakan mesin setelah dipasangVelocity Stack. Penelitianini menggunakan jenis metode eksperimen dengan menggunakan dua variabel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Velocity Stack sedangkan Variabel terikat penelitian ini adalah power dan torsi. Penelitian dilakukan pada bengkel GUT Motorsport dengan menggunakan alat yang bernama Dynotest. Data yang diambil mulai dari rpm 2500 hingga rpm 9000 dengan kenaikan 250 rpm. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan metode paired sample t test dengan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis datapada penelitian tersebut pemasangan Velocity Stack telah memberikan efek positif. Pertama yaitu bertambahnya power Yamaha Vixion setelah pemasangan Velocity Stack.Kenaikan power mulai putaran mesin 2750 sampai putaran mesin 9000. Power puncak tercapai pada putaran mesin 8250 sebesar 15 67 Hp.Peningkatan power pada rpm 6000 sebesar 8 993% peningkatan itu merupakan peningkatan power yang cukup besar dengan perubahan yang minimal yaitu dengan menggunakan Velocity Stack. Dengan peningkatan power sebesar itu sangat terasa saat berkendara akselerasi akan semakin baik dan rpm tinggi akan mudah dicapai dalam waktu yang lebih singkat. Keduabertambahnya torsi Yamaha Vixion setelah pemasangan Velocity Stack. Kenaikan torsi mulai putaran mesin 2750 rpm sampai putaran mesin 9000 rpm. Peningkatan torsi maksimal diperoleh pada putaran mesin 6250 rpm peningkatan torsi tersebut sebesar 0 806 Nm. Pada saat torsi maksimal maka efisiensi volumetrik juga maksimal. Karena torsi berbanding lurusefisiensi volumetrik sebuah motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43426

Actions (login required)

View Item View Item