Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis kerja (work based learning) di SMK Negeri 8 Malang / Isak Semuel Djara Para - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis kerja (work based learning) di SMK Negeri 8 Malang / Isak Semuel Djara Para

Para, Isak Semuel Djara (2016) Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis kerja (work based learning) di SMK Negeri 8 Malang / Isak Semuel Djara Para. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Para Isak S. DJ. 2016. Studi Tentang Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja (Work Based Learning) di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Eko Edi Poerwanto Ir. SE. M.Pd . MM. Pembimbing (2) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci Work Based Learning (WBL) Penyerahan Orientasi Kerja lapangan Monitoring Evaluasi dan Penarikan. SMK adalah tempat pembelajaran yang mengarahkan siswa agar menjadi tamatan yang siap terjun secara profesional dan ikut bergerak di dunia usaha atau perindustrian. Berbagai sinyalemen tentang kualitas pendidikan menjadi latar belakang permasalahan penyelenggaraan pendidikan dengan pendekatan Work Based Learning (WBL) atau Pengajaran dan Pembelajaran Berbasis Tempat Kerja (PBTK). WBL adalah pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan tempat kerja untuk menstrukturkan pengalaman-pengalaman yang didapat di tempat kerja berkontribusi pada sosial akademik dan pengembangan karir pembelajar dan menjadi motifasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang tahapan pelaksanaan Work Based Learning pada SMK Negeri 8 Malang yang meliputi (1) Penyerahan Siswa dari Sekolah ke Industri. (2) Orientasi Umum. (3) Kerja Lapangan. (4) Tahap Monitoring. (5) Tahap Evaluasi. (6) Penarikan/Penjemputan Peserta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis kerja di SMK Negeri 8 Malang meliputi (1) Penyerahan Siswa dari Sekolah ke Industri yang dilaksanakan oleh guru pembimbing dan penyerahan kepada pihak industri yang diterima Pimpinan Industri dengan tingkat persentase 86 68%. (2) Orientasi umum dimulai dengan pembagian kelompok kerja beserta instruktur kemudian orientasi pengenalan lingkungan kerja tata tertib di perusahaan kesehatan dan keselamatan kerja dan penentuan tugas/pekerjaan yang akan dilakukan oleh siswa dengan tingkat persentase 86 67%. (3) Kerja Lapangan dimana dalam pekerjaan kesehariannya di bengkel siswa selalu mendampingi mekanik/instruktur untuk membantu pekerjaan mekanik dengan tingkat persentase 86 67%. (4) Monitoring dan pembimbingan yang rutin dari pihak sekolah dan industri berupa teknis dan non teknis yang dilaksanakan secara formal 1 bulan sekali dan non formal 2 minggu sekali dengan tingkat persentase 93 34%. (5) Evaluasi dilakukan oleh instruktur yang meliputi penilaian teknis dan non teknis. Penilaian teknis yaitu yang berhubungan dengan kompetensi keahlian siswa sedangkan penilaian non teknis yaitu yang berhubungan dengan sikap dan perilaku siswa. Dan penilaian laporan hasil pelaksanaan kegiatan praktik siswa dengan tingkat persentase 76 67%. (6) Penarikan/penjemputan peserta dari industri dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini guru pembimbing dengan tingkat persentase 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43417

Actions (login required)

View Item View Item