Pengaruh penggunaan fuel cut off electronic control terhadap konsumsi bahan bakar pada Honda Vario 110 / Egik Lintar Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan fuel cut off electronic control terhadap konsumsi bahan bakar pada Honda Vario 110 / Egik Lintar Permadi

Permadi, Egik Lintar (2016) Pengaruh penggunaan fuel cut off electronic control terhadap konsumsi bahan bakar pada Honda Vario 110 / Egik Lintar Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permadi EgikL. 2016. Pengaruh Penggunaan Fuel Cut Off Electronic Control Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 110. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negri Malang. Pembimbing (I)Drs.Imam Muda Nauri S.T. M.T(II)Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci Fuel Cut Off Electronic Control.Konsumsi Bahan Bakar. Semakin melambungnya harga minyak dunia membuat banyak rakyat Indonesia mengalami kesulitan ekonomi. Minyak bumi merupakan sumber energi utama di sektor transportasi. Sepeda motor masih menjadi pilihan utama oleh sebagian besar rakyat Indonesia sebagai sarana transportasi karena dianggap lebih cepat dan murah. Mayoritas sepeda motor yang digunakan masih menggunakan karburator. Karburator pada sepedamotor belum diterapkan sistem yang memutus aliran bahan bakar pada kondisi tertentu. Fuelcut offelectroniccontrolmerupakan suatu sistem pemutusan bahan bakar yang dikontrol secara elektronik pada karburator. Metode pemutusannya dengan menggunakan saluran bypassyang menghubungkan intakemanifolddengan filter udara. Saluran bypassberfungsi mengurangi kevakuman pada intakemanifoldsehingga dapat menurunkan hisapan pada karburator. Pada saluran bypassdipasangsolenoid untuk mengontrol kapan saluran bypassdibuka atau ditutup agar tidak mengurangi performa mesin. Agar bekerja dengan akurat maka sistem ini dilengkapi dengan ECM (Electronic Control Module) yang mendapat masukan data dari sensor putaran mesin dan sensor throotlevalve. Solenoidmenutupsaat throttlevalvemenutup dan putaran mesin pada 2500rpm agar mesin tidak mati. Solenoidmenutupsaat throttlevalvemembuka dan putaran mesin 8805 2500 rpm agar tidak mengubah campuran bahan bakar saat dibutuhkan daya dari mesin. Solenoid hanya membuka saat throttlevalvemenutup dan putaran mesin 8805 2500 rpm agar kevakuman pada intakemanifoltturun dan campuran menjadi kurus. Penelitian ini menggunakan metode quasieksperimentdesign bentuk rancangannya adalahnonequivalent desain. Pengukuran konsumsi bahan bakar dilakukan pada putaran 3000 ke 1700 rpm 3500 ke 1700 rpm 4000 ke 1700 rpm 4500 ke 1700 rpm dan 5000 ke 1700 rpm. Hasil penelitianini dianalisis menggunakan uji beda PairedSample T Test dengan bantuan software SPSS 22 for windowsdanmenunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan konsumsi bahan bakar antara yang menggunakan sistem fuel cut offelectroniccontroldengan yang tidak menggunakan sistem fuel cut offelectroniccontrol. Rata-rata konsumsi bahan bakar yang menggunakan sistem fuel cut offelectroniccontrolmengalami penurunandisetiap putaran pengujian dibandingkan dengan obyek tanpa menggunakan sistem fuel cut offelectroniccontrol. Penurunan konsumsi bahan bakar karena adanya penambahan udara melalui saluran bypasssehingga dapat merubah campuran udara dengan bahan bakar yang tadinya kaya menjadi kurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43410

Actions (login required)

View Item View Item