Hubungan motivasi belajar siswa dan kondisi bengkel praktikum dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan kelas XI di SMKN 01 Kademangan / Irwan Nur Diantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar siswa dan kondisi bengkel praktikum dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan kelas XI di SMKN 01 Kademangan / Irwan Nur Diantoro

Diantoro, Irwan Nur (2016) Hubungan motivasi belajar siswa dan kondisi bengkel praktikum dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan kelas XI di SMKN 01 Kademangan / Irwan Nur Diantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diantoro Irwan N. 2016.Hubungan motivasi belajar siswa dan kondisi bengkel praktikum dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sistem chasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan kelas XI di SMKN 1 Kademangan.Skripsi ProgramStudiPendidikanTeknikOtomotif Jurusan Teknik Mesin UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1)Drs.H.Sutijono M.M. (2)Drs.Partono M.Pd. KataKunci Motivasi Belajar Kondisi Bengkel Praktikum Hasil Belajar Siswa Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor lain yang juga mempengaruhi hasil belajar adalah kondisi bengkel praktikum yang mencakup sarana dan prasarana yaitu keadaan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar pada saat praktik sarana dan prasarana dapat berupa media/alat-alat yang menunjang praktik dari suatu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian iniadalah (1) Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa (2) Untuk mengetahui hubungan kondisi bengkel praktikum dengan hasil belajar (3) Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar kondisi bengkel praktikum dengan hasil belajar siswa. Penelitian inimerupakan jenis penelitian korelasidengan pendekatan kuantitatif.Subjekdaripenelitianiniadalah siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan tahun ajaran 2015/2016 dan Laboran SMKN 01 Kademangan. Teknik pengumpulan datamenggunakan kuesioner danobservasi dengan metode cheklist. Teknikanalisisdata menggunakananalisisstatistikdeskriptif dan analisisregresi linierberganda. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengolahan data analisis data deskriptif dan analisis data statistik. Berdasarkanhasilanalisisdata pada uji hipotesis diperolehtiga simpulansebagaiberikut (1) Terdapathubungan yangsignifikanantara motivasi belajardenganhasil belajar siswa(sig.0 024) (2) Terdapathubunganyang signifikan antara kondisi bengkel praktikum denganhasil belajar siswa(sig.0 030) (3) Terdapathubungan yang signifikanantaramotivasibelajar dan kondisi bengkel praktikum denganhasil belajar siswa(sig.0 029).Koefisiendeterminasinya (R2)sebesar 0 698 atau 69 8%. Saran untuk SMKN 01 Kademangandiharapkan untuk lebih meningkatkan lagi saranadan prasaranabengkel agarsegera terpenuhinyastandarsaranadan prasaranaberdasarkanPermendiknas No.40Tahun2008. Saran untuk pengajar agar lebih mengintensifkan dan mengefektifkan proses pembelajaran serta meningkatkan perannya sebagai motivator.Saran untuk peneliti hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dan bahan referensi untuk penelitian sejenis dengan mengganti faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43409

Actions (login required)

View Item View Item