Pengembangan modul penggunaan dial indikator dan cylinder gauge siswa kelas X Progran Keahlian Kendaraan Ringan SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Choirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul penggunaan dial indikator dan cylinder gauge siswa kelas X Progran Keahlian Kendaraan Ringan SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Choirul Anam

Anam, Muhammad Choirul (2016) Pengembangan modul penggunaan dial indikator dan cylinder gauge siswa kelas X Progran Keahlian Kendaraan Ringan SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Choirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anam Muhammad Choirul. 2016. Pengembangan Modul Penggunaan Dial Indikatordan Cylinder GaugeSiswaKelas X Program KeahlianTeknikKendaraanRingan SMK Negeri 11 Malang. Skripsi.JurusanTeknikMesin FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Imam Muda Nauri S.T. M.T.(II) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata kunci modul peer mediated instruction and intervention (PMII) 4D dial indikator cylinder gauge. Bahan ajar merupakansalah satu komponen penting dalam menunjang pembelajaran.Modulmerupakansalahsatubahanajar yang baikdigunakanuntukpembelajaran di SMK. Meskipun moduldipercayadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa namunmodulbelumtersediadandigunakan di SMK Negeri 11 Malang. Olehkarenaituperluuntukmengembangkanmodul yangbaikdanefektifkhususnyauntukmateridial indikatordancylinder gaugemelaluipenelitianpengembangan. Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukberupamodulpenggunaan dial indikatordan cylinder gauge yang valid praktisdanefektifsehinggadapatdigunakansebagaisumberbelajarbagisiswa SMK Negeri 11 Malang. Pengembangan modul bercirikan pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) padamateridial indikatordancylinder gaugeini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namununtuktahapdisseminate (penyebaran)tidakdilaksanakan.Validasidarimoduldilakukanolehahli sedangkan kepraktisan dan keefektifan modul melalui uji coba produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi lembar observasi tes penguasaan materi modul serta angket. Subjek uji coba produk hasil pengembangan ini adalah 70siswa kelas XTKR di SMK Negeri 11 Malang. Uji coba yang dilakukan terhadap subjek uji coba terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (kelas). Hasil uji coba lapangan yaitu (1) semua siswa dapat mengerjakan lebih dari 80% aktivitas-aktivitas yang diminta dalam modul (2) siswa yang tidak tuntas dalam tes penguasaan materi modul dapat mengerjakan semua aktivitas dalam modul (3) terdapat beberapa siswa yang kurang/tidak teliti dalam mengerjakan tes yang terdapat dalam modul. Hasil uji ahlimengenaimoduldiperolehskor rata-rata seluruhaspeksebesar 90 74% hasilujicobalapanganmengenaiobservasiketerlaksanaanmoduldiperolehskor rata-rata seluruhaspeksebesar87 50% hasilujicobalapangan yang dilakukan diperolehhasilsebesar 88 5% siswaX TKRtelahmenguasaimateridial indikatordancylinder gauge. Berdasarkan hasil angket sebanyak 93 73% siswa kelas X TKR memberikan respon yang positif terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43406

Actions (login required)

View Item View Item