Pengaruh blended learning berbasis schoology dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja / Vincentius Tjandra Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning berbasis schoology dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja / Vincentius Tjandra Irawan

Irawan, Vincentius Tjandra (2016) Pengaruh blended learning berbasis schoology dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja / Vincentius Tjandra Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan Vincentius Tjandra. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Schoology dan Kemampuan Awal Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di Kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd (II) Dr. Widiyanti M.Pd. Kata Kunci Blended Learning Schoology Kemampuan Awal Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan merupakan penyedia teknisi madya terbesar di Indonesia. Mayoritas pelajaran yang diberikan di SMK adalah praktikum. Pada kenyataannya guru pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja memberikan 70% materi teori dan 30% praktikum pada siswa. Hal ini disebabkan kemampuan awal yang dimiliki siswa masih rendah guru khawatir akan hasil belajar yang tidak memenuhi KKM sehingga difokuskan pada pemberian teori agar hasil belajar memenuhi KKM. Blended Learning berbasis Schoology hadir sebagai solusi untuk memberi teori tambahan di luar jam pelajaran sekolah sehingga pertemuan teori dapat dikurangi dan diganti praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan the nonequivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa 30 siswa XI TKR 1 sebagai kelas treatment dan 34 siswa XI TKR 2 sebagai kelas nontreatment. Kemampuan awal didapat dengan memberi prates dan hasil belajar didapat dengan memberi postes. Instrumen yang digunakan adalah tes multiple choice. Data pada penelitian dianalisis menggunakan SPSS versi 17 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalan. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan model Blended Learning berbasis Schoology dan siswa dengan model Problem Based Learning (sig p 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43400

Actions (login required)

View Item View Item