Pengaruh penggunaan campuran bahan bakar premium, etanol dan metanol terhadap emisi gas buang dan daya pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI / Gloria Ervando - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan campuran bahan bakar premium, etanol dan metanol terhadap emisi gas buang dan daya pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI / Gloria Ervando

Ervando, Gloria (2016) Pengaruh penggunaan campuran bahan bakar premium, etanol dan metanol terhadap emisi gas buang dan daya pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI / Gloria Ervando. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ervando Gloria. 2015. Pengaruh Penggunaan Campuran Bahan Bakar Premium Etanol dan Metanol Terhadap Emisi Gas Buang dan Daya pada Sepeda Motor Honda Beat PGM-FI. Skripsi Program Studi Pendidikan Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Partono Drs. M. Pd. (2) Sumarli Drs. H. M.Pd. M.T. Kata kunci Premium etanol metanol emisi gas buang daya. Premium merupakan bahan bakar kendaraan bermotor yang umum digunakan di Indonesia. Bertambahnya jumlah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat menyebabkan bertambah pula akan ketersediaan bahan bakar minyak. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan alternative bahan bakar pengganti bahan bakar minyak. Alkohol berpengharapan besar mengganti peran bahan bakar minyak seperti etanol dan metanol. Namun masih diperlukan penelitian untuk mengetahui performa mesin dari penggunaan bahan bakar tersebut seperti pengaruh pada gas buang dan daya yang dihasilkan.Berdasarkan uraian di atas maka perlu diadakan sebuah penelitian tentang penggunaan campuran bahan bakar premium etanol dan metanol. Pemaparan diatas yang melatarbelakangi penulis mengadakan penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Campuran Bahan Bakar Premium Etanol Dan Metanol Terhadap Emisi Gas Buang Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Beat PGM-FI . Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuanuntuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran bahan bakar premium etanol dan metanol pada putaran 1500 rpm sampai 5000 rpm dengan kenaikan 250 rpm terhadap emisi gas buang dan daya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi Pelaksanaan pengujian dilakukan di GUT Motorsport Kediri pada tanggal 3-4 Juni 2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah experimen dengan desain eksperimental. Data yang berupa hasil observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis anova satu jalan dan post hoc. Sebelum dilakukan analisis dilakukan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas pada data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu terdapat perbedaan pada daya dan emisi gas buang CO dan HCyang dihasilkan pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI dengan variasi putaran mesin 1500-5000 rpm. Emisi gas buang CO terendah dihasilkan pada penggunaan premium 75% etanol 10% dan metanol 15% yaitu sebesar 0 17% pada 5000 rpm. Kemudian emisi gas buang HC terendah juga dihasilkan pada campuran bahan bakar tersebut yaitu sebesar 13 ppm pada putaran 5000 rpm.Sedangkan daya terbesar dihasilkan dari penggunaan bahan bakar premium 100% yaitu sebesar 4 64 HPpada 5000 rpm..Akan tetapi daya yang dihasilkan dengan penambahan etanol dan metanol menyebabkan penurunan daya yang dihasilkan. Penggunaan premium 75% etanol 10% dan metanol 15% hanya dihasilkan daya sebesar 4 02 pada 5000 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43388

Actions (login required)

View Item View Item