Pengaruh variasi komposisi pencampuran serbuk tetrasodium ethylenediamine tetraacetic acid (Na4-EDTA) pada larutan elektrolit baterai sepeda motor type basah terhadap kapasitas (ampere hour) dan daya baterai / Agus Nawatri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi komposisi pencampuran serbuk tetrasodium ethylenediamine tetraacetic acid (Na4-EDTA) pada larutan elektrolit baterai sepeda motor type basah terhadap kapasitas (ampere hour) dan daya baterai / Agus Nawatri

Nawatri, Agus (2016) Pengaruh variasi komposisi pencampuran serbuk tetrasodium ethylenediamine tetraacetic acid (Na4-EDTA) pada larutan elektrolit baterai sepeda motor type basah terhadap kapasitas (ampere hour) dan daya baterai / Agus Nawatri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nawatri Agus. 2015. Pengaruh Variasi Komposisi Pencampuran Serbuk Tetrasodium Ethylenediamine Tetraacetic Acid (Na4-EDTA) Pada Larutan Elektrolit Baterai Sepeda Motor Type Basah Terhadap Kapasitas (Ampere Hour) Dan Daya Baterai. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Widiyanti M.Pd (II) Prof. Dr. H. Mardji M.Kes. Kata Kunci Ethylenediamine Tetraacetic Acid (Na4-EDTA) EDTA Teknis Elektrolit Baterai Baterai Basah Kapasitas Baterai Ampere hour Daya Baterai. Baterai adalah komponen yang sangat berpengaruh pada sistem kelistrikan kendaraan hampir seluruh sistem kendaraan memerlukan sumber listrik seperti sistem starter sistem pengapian dan sistem penerangan. Dalam segi keawetan sebuah baterai basah sangat rentan terhadap korosi atau biasa dikenal dengan istilah penyulfatan yang menyebabkan penurunan kinerja dari baterai itu sendiri. Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penambahan variasi komposisi campuran serbuk Ethylenediamine Tetraacetic Acid (Na4-EDTA) atau dikenal dengan sebutan EDTA teknis pada larutan elektrolit baterai sepeda motor. Pada penelitian ini larutan elektrolit yang terdiri dari 36 % air (H2O) dan 64% asam sulfat (H2SO4) disiapkan sejumlah 1 liter untuk setiap baterai dengan campuran komposisi serbuk Na4-EDTA yang berbeda-beda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan analisis data uji anova satu arah. Pengambilan data yaitu pada saat pengisian (charging) dan pengosongan baterai (discharging) yang dilakukan setiap 1 jam selama 6 jam dengan beban sebuah lampu 12V/10W. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baterai standart pengeluaran pabrik menghasilkan kapasitas baterai sebesar 4 98 Ah dengan tingkat efisiensi 87 3% dan menghasilkan daya 58 84 Wh dengan efisiensi sebesar 76 02 %. Baterai dengan penambahan serbuk Na4-EDTA sebesar 5 gram 10 gram 15 gram dan 20 gram masing-masing menghasilkan kapasitas sebesar 4 86 Ah 4 38 Ah 4 68 Ah 4 56 Ah dengan tingkat efisiensi sebesar 86 7% 81 1% 85 09% 82 9% dan menghasilkan daya sebesar 57 91 Wh 49 77 Wh 54 58 Wh 52 65 Wh dengan tingkat efisiensi daya baterai sebesar 75 5 % 68 92 % 73 33% 69 76%. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kapasitas dan daya baterai terbesar dengan penambahan serbuk Na4-EDTA yaitu baterai dengan penambahan komposisi serbuk Na4-EDTA sebesar 5 gram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43375

Actions (login required)

View Item View Item