Hubungan pengetahuan, keterampilan dan sikap pada kompetensi memperbaiki sepeda motor dengan hasil praktik kerja industri kelas XII SMK YPI Darussalam 1 Cerme tahun pelajaran 2014/2015 / Ahmad Afif Anggriawan

Anggriawan, Ahmad Afif (2016) Hubungan pengetahuan, keterampilan dan sikap pada kompetensi memperbaiki sepeda motor dengan hasil praktik kerja industri kelas XII SMK YPI Darussalam 1 Cerme tahun pelajaran 2014/2015 / Ahmad Afif Anggriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggriawan, Afif, Ahmad. 2015. Hubungan Pengetahuan, Keterampilan danSikap Pada KompetensiMemperbaikiSepedaMotor denganHasil PraktikKerjaIndustri Kelas XIISMK YPI Darussalam 1 CermeTahunPelajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Mardji, M.Kes., (II)Drs. H. Agus Sholah, M.Pd. Kata kunci: Pengetahuan, Keterampilan, Sikap dan Hasil PraktikKerjaIndustri Pengetahuanmerupakanhasildaritahu,daniniterjadisetelahorangmelakukanpengindraanterhadapsuatuobyektertentu, Keterampilanadalahkemampuanataukompetensiyangdimilikiseseorang, Sikapadalahkeadaan mental dansarafdarikesiapan yang diaturmelaluipengalaman yang memberikanpengaruhdinamikatauterarahterhadapresponindividu. Praktikkerjaindustriadalahsuatubentukpenyelenggaraanpendidikankeahlianprofesional, yangmemadukansecarasistematikdansinkronantaraprogrampendidikan di sekolahdanprogram pendidikandiduniausaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek dalam penelitian iniadalahsiswakelas XII SMK YPI Darussalam 1 Cermetahun ajaran 2014/2015 denganjumlah67 siswa. Teknikpengumpulan data denganmenggunakandokumentasi, sedangkan untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan teknik presentase dan regresi linier berganda. Berdasarkanhasilanalisisdeskriptifdiketahuitingkat nilaipengetahuan yang dimilikisiswatergolongcukup baik yaitu sekitar 34,32%, untuk nilai keterampilan diketahui62,69 % tergolongkategoricukup baik, untuk nilai sikap diketahui47,76 % tergolongkategoribaik, dan untuk hasil praktikkerja industrisekitar 34,33 % dalam kategori baik. Pada analisis regresi linier bergandaantara pengetahuan, keterampilan, sikap dan hasil praktikkerjaindustrididapatkan nilai R Square (0,741) yang lebihbesardari r tabel (0,208) atautarafsignifikasi 0,000< 0,050menunjukkanbahwaterdapathubungan yang nyata (signifikan), sehingga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, keterampilan dansikap pada kompetensimemperbaikisepedamotor terhadap hasil praktikkerjaindustri. Dengan demikian Semakintinggitingkatpengetahuan, keterampilandansikappadakompetensimemperbaikisepeda motor makahasilpraktikkerjaindustrikelas XII SMK siswaakansemakinbaik, sebaliknyajikatingkatpengetahuan, keterampilandansikappadakompetensimemperbaikisepeda motor siswasemakinrendah, makaakandiikutidenganburuknyaahasilpraktikkerjaindustrikelas XII SMK YPI Darussalam 1 Cerme. Dalamrangkapengembanganilmubidangpendidikankhususnyabidangotomotifmakapenelitiselanjutnyadiharapkanmempertimbangkanpengetahuan, keterampilandansikappadakompetensimempebaikisepeda motordalammendukungkesempatansiswamemperolehhasilpraktikkerjaindustrikelas XII SMK yang memuaskan, sehinggamenciptakanlulusan yang berkompetendalambidangnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43373

Actions (login required)

View Item View Item