Penerapan SOP dan system reward mekanik di Bengkel Mitshubisi PT. Sun Star Motor Probolinggo / Rosyenda Fauzi Al Jufri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan SOP dan system reward mekanik di Bengkel Mitshubisi PT. Sun Star Motor Probolinggo / Rosyenda Fauzi Al Jufri

Jufri. Rosyenda Fauzi Al (2016) Penerapan SOP dan system reward mekanik di Bengkel Mitshubisi PT. Sun Star Motor Probolinggo / Rosyenda Fauzi Al Jufri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Jufri Rosyenda Fauzi. 2015. Penerapan Standart Operasional Procedure(SOP) Dan System Reward Mekanik Di Bengkel Mitshubishi Pt. Sun Star Motor Probolinggo.Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Partono M.Pd. (II) Drs. Syamsul M.Pd Kata Kunci Standart Operasional Procedure (SOP) System Reward Mekanik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelayanan yang diberikan pada pelanggan di bengkel Mitsubishi PT. Sun Star Motor Probolinggo harus memuaskan untuk itu dibutuhkan produktivitas mekanik yang tinggi. Peningkatan produktivitas ada beberapa faktor yang mempengaruhi contohnya SOP sebagai standart operating procedure merupakan yang memuat prosedur kerja mekanik secara rinci dan system reward yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang memotivasi mekanik untuk meningkatkan produktivitas. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeksriptifkuantitatif dengansubjekmekanikbengkel Mitsubishi PT. Sun Star Motor Probolinggo.Penelitianinimenggunakanwawancaradandokumentasisebagaiinstrumenpengumpul data kemudiandiolahdandianalisis.Kegiatananalisisnyadilakukandaripaparanhasilwawancaratersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaranpenerapan SOP danSystem Reward di BengkelMitshubishi PT. Sun Star Motor Probolinggoterhadappeningkatanproduktvitasmekanik. Berdasarkan hasil penelitian SOP yang meliputiGaji Tata tertib danKeselamatan Kesehatan danKeamanan (K3) sebagiansudahditerapkandenganbaikyaitugaji. Sedangkanuntuktatatertibmasihbelummemilikireward ataupunpunishment secarajelas danuntuk K3 peralatankeamananbelumterpenuhidenganlengkapuntukmenunjangkeamanandanmewujudkankeselamatanmekanik. Sehingga produktivitasdirasacukup (kualitaskurangdalamtatatertib dankurangefisiendanefektifdalam K3).KemudianuntukSystem Reward yang meliputi bonus gaji kenaikanjabatan danpelatihantambahansudahditerapkandenganbaik.Namunpenerapan yang baik masihdirasakurangmembantudenganbaikdalamhalproduktivitasmekanikdarisegi bonus gajidankenaikanjabatan yang dirasamemberatkanpadamekanik. Kesimpulanpenelitianiniadalah (1) SOP mekanik di bengkel Mitsubishi PT. Sun Star Motor Probolinggobelumditerapkanseluruhnya khusunyauntuktatatertibdankeamanan kesehatandankeselamatan (K3) kerjasehinggaproduktivitasmasihdirasacukup. (2) System Rewarduntukmekanik di bengkel Mitsubishi PT. Sun Star Motor Probolinggosudahditerapkandenganbaik namunmenurutmeaknikmasihada yang memberatkandalamproduktivitasmekanik. Berdasarkanhasilpenelitianinidiharapkan agar bengkelmembuatpunishment danreward yang jelastatatertibsepertidibuatsecaratertulis peralatankeamananpenunjangkeselamatanperlu di daftarulanguntukkekurangannya. Serta koordinasiulangterkait bonus gaji dankenaikanpangkatdenganmekanik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43371

Actions (login required)

View Item View Item