Sapriyadin, Dedi (2023) Pengaruh Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan penguasaan konsep merupakan kemampuan siswa untuk mengungkapkan, menginterpretasikan, serta mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari. Salah satu tujuan aplikasi pengetahuan yang telah dipelajari adalah dengan menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan tingkat tinggi dari penguasaan konsep. Kedua kemampuan ini saling berhubungan. Siswa yang memiliki penguasaan konsep yang baik, cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik pula. Namun, masih banyak kendala untuk mencapai kedua kemampuan ini. Diantaranya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep fisika utamanya materi usaha dan energi. Hal ini terjadi karena siswa tidak diajarkan konsep secara menyeluruh yang menyebabkan siswa gagal memahami materi usaha dan energi. Selain itu, juga mengakibatkan siswa menyelesaikan masalah dengan plug and chug dan mengabaikan informasi konseptual. Urgensi ini yang menjadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan penguasaan konsep siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi yang menggunakan pembelajaran inquiry dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional serta korelasi antara kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah usaha dan energi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment dan rancangan penelitiannya adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan tahapan pembelajaran sesuai sintaks model pembelajaran Inquiry dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan tahapan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan oleh guru saat mengajar. Pengambilan sample penelitian dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen keterampilan penguasaan konsep fisika dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal dan soal pemecahan masalah fisika dalam bentuk soal uraian sebanyak 5 butir soal. Data tes diperoleh melalui pretest dan posttest yang selanjutnya dilakukan uji prasyarat. Hasil uji prasyarat menyatakan bahwa data terdistribusi normal, homogen, dan uji linear. Data yang sudah melalui uji prasyarat selanjutnya digunakan untuk uji hipotesis menggunakan Ancova. Hasil uji analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas yang menggunakan pembelajaran Inquiry dengan kelas dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah yang berarti ada keterkaitan antara kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:27 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:27 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4337 |
Actions (login required)
View Item |