Rancang bangun electric throttle berbasis mikrokontroler sebagai pengganti kontrol throttle konvensional pada mobil Toyota Kijang 4K / Riza Qoirul Mustova - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun electric throttle berbasis mikrokontroler sebagai pengganti kontrol throttle konvensional pada mobil Toyota Kijang 4K / Riza Qoirul Mustova

Mustova, Riza Qoirul (2016) Rancang bangun electric throttle berbasis mikrokontroler sebagai pengganti kontrol throttle konvensional pada mobil Toyota Kijang 4K / Riza Qoirul Mustova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustova RizaQoirul. 2015. RancangBangun Electric Throttle BerbasisMikrokontrolerSebagaiPenggantiKontrol Throttle KonvensionalPada Mobil Toyota Kijang 4K.Skripsi JurusanTeknikMesin FT UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs.H. Imam MudaNauri S.T. M.T. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci electric throttle mikrokontroler kabel gas potensiometer. Electric throttle valvedibuatkarenasemakinharimanusiasemakinberkembangdanterusmembuatalat yang memudahkanpekerjaanmerekasehari-hari. Salah satudiantaranyaadalahperkembanganthrottle position (TP) yang semakinharisemakincanggih. Padaawalperkembangannya throttle position (TP) padasistembahanbakarinjeksi (EFI) masihmenggunakankabel gas sebagaipenariknya tetapipadakendaraanbermotorbersistembahanbakarinjeksi (EFI) keluaranterbarusudahmenggunakanelektroniksebagaipenggantikabel gas untukmenarikthrottlepadathrottle position (TP). Tetapiberbedadengankendaraan yang masihmenggunakansistembahanbakarkarburator yang tetapmenggunakankabel gas sebagaipenarikthrottle padakarburatornya. Padakendaraandengankarburatormemerlukanperawanlebihpadakabelgasnya.Terlebihlagisaatterjadibanjirsehinggamerendamkabelgasnya.Kabel gas yang berbahansekumpulankawatkecilmenjadiberkaratsaatterendam air banjir.kabel gas iniharusseringdilumasi agar tidakterjadigenangan air didalamnyadanmelancarkanjalanseling yang ada di dalamnya. Terdapat 3 tujuandaripenelitian yaituuntukmelakukanperancangankonstruksidarielectric throttlesehinggadapatdigunakanpadakendaraantoyotakijang 4K melakukananalisiscarakerjadarielectric throttlepadakendaraantoyotakijang 4K danmelakukananalisiscaraperawatandarielectric throttle padakendaraantoyotakijang 4K. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangan (R D)adalah research and information collecting planning develop preliminary form of product preliminary field testing main product revision main field testing operational product revision operational field testing final product revision and dissemination and implementation.Dalamhalini penelitianinifokusmenelitipembuatanelectric thriottlesebagaipenggantithrottle konvensional. Instrumenpenelitian yang digunakandalampenelitianinimenggunakan pengamatandandokumentasi.Sumber data penelitianiniadaduayaitu primer dansekunder. Hasildaripenelitianperancanganelectric throttlemenunjukkan bahwaelectric throttle dapatbekerjasesuaikeinginandandapatdijadikanpenggantithrottle konvensionaldimanasemakintinggibukaan pedal gas semakintinggi pula bukaanthrottle padakarburatortetapitetapsesuaidenganjumlahderajadbukaanpadathrottle konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43367

Actions (login required)

View Item View Item