Pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) terhadap konsumen bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin konvensional sepeda motor Yamaha New Vega R 110 cc / Nomade Yan Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) terhadap konsumen bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin konvensional sepeda motor Yamaha New Vega R 110 cc / Nomade Yan Utomo

Utomo, Nomade Yan (2016) Pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) terhadap konsumen bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin konvensional sepeda motor Yamaha New Vega R 110 cc / Nomade Yan Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utomo Nomade Yan. 2015. Pengaruh Penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pada Mesin Konvensional Sepeda Motor Yahama New Vega R 110 Cc. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Hidrocarbon Crack System (HCS) Konsumsi Bahan Bakar Emisi Gas Buang. Mesin sepeda motor akan memperoleh umur panjang atau tidak cepat rusak perlu mendapatkan perawatan rutin atau perawatan secara berkala sesuai petunjuk pabrik yang memproduksinya. Namun pada batas-batas waktunya mesin sepeda motor rusak kemampuannya karena mengalami keausan maka perlu penggantian komponen yang aus. Selain itu Bahan Bakar Minyak Bumi (BBM) di Indonesia semakin menipis dan harga BBM sekarang mulai naik Hidrocarbon Crak System (HCS) adalah sistem memecah atom hydrocarbon (bahan bakar premium atau pertamax) menjadi atom hydrogen (H2) dan carbon (C) dengan cara menggunakan pipa katalisator yang dipanaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dengan melakukan studi dari beberapa sumber penelitian. Tujuan dari peneleitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kendaraan uji coba yang menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS) dan tidak menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS) dengan bahan bakar pertamax terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Jenis metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah true eksperimental posttest control yang bertujuan menyelidiki sebab akibat antara variabel bebas variabel terikat dan variabel kontrol Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Otomotif fakultas teknik Universitas Negeri malang. Analisis data menggunakan analisis uji T dengan bantuan program komputer SPSS for windows. Hasil penelitian ini adalah perbedaan rata-rata konsumsi bahan bakar penggunaan Hidrocarbon Crak System (HCS) dan tidak menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS) adalah 15 ml/detik lebih besar penggunaan yang tidak menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS). Perbedaan rata-rata emisi gas buang (kadar CO) pada penggunaan Hidrocarbon Crak System (HCS) dan tidak menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS) adalah 64 97% lebih besar penggunaan yang tidak menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS). Perbedaan rata-rata emisi gas buang (kadar HC) penggunaan Hidrocarbon Crak System (HCS) dan tidak menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS) adalah 6914 ppm lebih besar penggunaan yang tidak menggunakan Hidrocarbon Crak System (HCS). Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian dan analisis data adalah ada perbedaan Hidrocarbon Crack System (HCS) terhadap konsumsi penggunaan bahan bakar ada perbedaan Hidrocarbon Crack System (HCS) terhadap emisi gas buang (Kadar CO) dan ada perbedaan Hidrocarbon Crack System (HCS) terhadap emisi gas buang (Kadar HC). Saran yang dapat diberikan adalah Sebaiknya dilakukan pengembangan dengan cara menyempurnakan Hidrocarbon Crack System (HCS) agar tingkat konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang bisa diminimalkan supaya hasilnya lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43366

Actions (login required)

View Item View Item