Betari, Almira (2022) Pengaruh Pengalaman Belajar dan Pandangan (Belief) Siswa tentang Fisika terhadap Strategi Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Strategi siswa dalam memecahkan masalah fisika merupakan salah satu topik penelitian yang banyak dilakukan dalam pendidikan fisika. Berdasarkan kajian literatur, telah banyak studi yang mengungkap strategi pemecahan masalah fisika siswa serta mengelompokkannya berdasarkan kriteria tertentu. Namun demikian, masih sangat sedikit penelitian yang mengungkap faktor-faktor yang menyebabkan seorang siswa cenderung menerapkan strategi pemecahan masalah tertentu. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap faktor-faktor tersebut. Beberapa faktor yang diduga berpengaruh adalah pandangan (belief) siswa tentang fisika dan pengalaman belajar siswa. Penelitian tentang belief siswa sudah banyak dilakukan dan menghasilkan instrumen yang cukup reliabel. Di lain pihak, juga sudah ada penelitian yang mengungkap berbagai jenis pengalaman belajar siswa. Namun demikian, belum ada penelitian yang mengungkap bagaimana keterkaitan antara pengalaman belajar, belief terhadap fisika, dan strategi pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap hubungan tersebut. Lebih rinci, penelitian ini untuk menjawab pertanyaan: bagaimanakah pengaruh pengalaman belajar dan belief siswa tentang fisika terhadap strategi pemecahan masalah fisika siswa. Pengetahuan tersebut sangat diperlukan sebagai input perencanaan pembelajaran yang mampu mengantarkan siswa sebagai pemecah masalah yang lebih efektif. Untuk menjawab pertanyaan itu akan diterapkan pendekatan penelitian mixed-methods dengan desain embedded-correlational. Hasil data kuantitatif dianalisa menggunakan teknik regresi-berganda yang kemudian akan digabungkan dengan hasil analisisa kualitatif untuk menjelaskan secara mendalam interpretasi data kuantitatif yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah 102 siswa terdistribusi ke dalam lima grup strategi yaitu, sebanyak 12 siswa berkategori scientific approach, sebanyak 46 siswa berkategori plug-chug approach dengan penyebaran siswa kategori plug- chug structured sebanyak 32 siswa, dan kategori plug-chug unstructured sebanyak 14 siswa. Diikuti dengan kategori memory-based approach sebanyak 35 siswa dan sebanyak 9 siswa berkategori no clear approach. Selain itu, skor rata-rata kategori pemecahan masalah siswa pada uji ANOVA ditemukan memiliki perbedaan yang cukup signifikan terhadap pengalaman belajar dan pandangan fisika siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pengalaman belajar dan pandangan (belief) siswa tentang fisika terhadap strategi pemecahan masalah siswa secara simultan maupun secara parsial. Temuan menarik pada hasil penelitian ini adalah pengaruh sub-variabel secara parsial terhadap strategi pemecahan masalah siswa yaitu terdapat satu sub-variabel dari pandangan (belief) fisika siswa yang tidak berpengaruh dalam strategi pemecahan masalah fisika siswa yaitu structure of knowledge. Hal ini dikarenakan sub-variabel tersebut memiliki koefisien regresi yang kurang signifikan. Dengan demikian, hanya empat sub-variabel yang memberikan prediksi pengaruh terhadap adanya perbedaan strategi pemecahan masalah siswa yaitu certainity of knowledge, source of knowledge, general-learning experience, dan problem-learning experience. Hasil penelitian pada data kualitatif juga memberikan konfirmasi data dari beberapa sampel partisipan yang ternyata mendukung hasil data kuantitatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:57 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:57 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4336 |
Actions (login required)
View Item |