Shodikin, Mochamad (2015) Pengaruh penggunaan variasi roller weight pada CVT (Continuously Variable Transmission) dengan pegas CVT racing terhadap konsumsi bahan bakar dan daya mesin efektif pada sepeda motor Honda Vario Techno 125 PGM-FI / Mochamad Shodikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Shodikin Mochamad 2015. Pengaruh Penggunaan Variasi Roller Weight Pada CVT (Continuously Variable Transmission) dengan Pegas CVT Racing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Daya Mesin Efektif Pada Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 PGM-FI. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Roller Weight Pegas CVT Racing Konsumsi Bahan Bakar Daya Mesin Efektif. Sepeda motor jenis matik menjadi salah satu jenis sepeda motor yang paling digemari oleh masyarakat karena memiliki desain yang menarik hemat bahan bakar dan sifatnya yang sangat mudah digunakan. Akan tetaapi jenis motor ini dinilai kurang memiliki daya. Oleh karena itu perlu inovasi tentang pengoptimalan sistem pemindah tenaga pada sistem transmisi otomatis sehingga tercapai daya yang besar dan diimbangi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Cara tersebut berupa penggunaan variasi roller weight pada CVT dan penggunaan pegas CVT racing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan variasi roller weight 15 gram 17 gram dan 18 gram dengan pegas CVT standart maupun dengan pegas CVT racing terhadap konsumsi bahan bakar dan daya mesin efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan analisis data uji one-way anova dan Post Hoc dengan prasyarat data tersebut telah di uji normalitas dan homogenitas. Analisis one-way anova dan post hoc meliputi penjelasan tentang seberapa besar perbedaan variasi penggunaan variasi roller weight 15 gram 17 gram dan 18 gram dengan pegas CVT standart maupun dengan pegas CVT racing terhadap konsumsi bahan bakar dan daya mesin efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar terendah pada masing-masing penggunaan variasi roller weight 15 gram 17 gram dan 18 gram dikombinasikan pegas CVT standart sebesar 0 17 kg/jam 0 17 kg/jam dan 0 18 kg/jam pada putaran mesin 2000 rpm sedangkan konsumsi bahan bakar terendah pada masing-masing penggunaan variasi roller weight 15 gram 17 gram dan 18 gram dikombinasikan pegas CVT racing sebesar 0 17 kg/jam 0 17 kg/jam dan 0 18 kg/jam pada putaran mesin 2000 rpm. Daya mesin efektif tertinggi pada penggunaan variasi roller weight 15 gram 17 gram dan 18 gram dikombinasikan dengan pegas CVT standart sebesar 9 27 HP 8 86 HP dan 8 35 HP pada putaran mesin 6500 rpm sedangkan Daya mesin efektif tertinggi pada penggunaan variasi roller weight 15 gram 17 gram dan 18 gram dikombinasikan dengan pegas CVT racing sebesar 9 42 HP dan 8 79 HP 8 60 HP pada putaran mesin 6500 rpm. Adapun lebih spesifiknya bahwa penggunaan roller weight 15 gram dengan pegas CVT standart memberikan penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 9 04% dan daya mesin efektifnya juga meningkat sebesar 7 14% sedangkan penggunaan roller weight 15 gram dengan pegas CVT racing daya mesin efektifnya jauh lebih meningkat sebesar 9 69% tetapi diikuti penurunan konsumsi bahan bakar hanya sebesar 7 08%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |