Pengembangan modul sistem rem untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar / Dedik Sudarwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sistem rem untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar / Dedik Sudarwanto

Sudarwanto, Dedik (2015) Pengembangan modul sistem rem untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar / Dedik Sudarwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sudarwanto Dedik. 2015. PengembanganModul Sistem Rem untuk SiswaKelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 DokoKabupatenBlitar. Skripsi JurusanTeknikMesin Program Studi S1 PendidikanTeknikOtomotif FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Paryono S.T M.T (II) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. Kata kunci bahan ajar modul sistem rem. Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkan tambahan refrensibahan ajar berupa moduluntuksiswakelas XTeknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Doko kabupaten Blitar sertamengetahuikualitasprodukbahan ajar modul yang dihasilkansehinggalayakdigunakandalampembelajaransistemrem. Metodepengembangan yang digunakandalampengembanganiniadalah model pengembangan Dick dan Carey yang terdiridari 10 langkah. Langkah-langkahtersebutantara lain (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis instruksional (3) menganalisiskarakteristiksiswadankontekspembelajaran (4) merumuskan tujuan pembelajarankhusus (5) mengembangkan instrumenpenilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengem-bangkan danmemilihbahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) melakukanrevisi terhadap program pembelajaran dan (10) merancang dan mengembangkanevaluasi sumatif namundalampenelitianiniuntuklangkah ke-10 tidakdilakukankarenaketerbatasanwaktuuntukmelakukanseluruhkegiatanbelajardalamwaktusatu semester.Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang diberikan ke pada ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berupa hasil tanggapan media pembelajaran. Hasildaripenelitiandanpengembanganinitelahmelalui 3 tahapujicobaformatif yaituvalidasiahli yang terdiridariahlimediamendapatkanpersentasesebesar96 43% dinyatakansangat valid danahlimateripembelajaranmendapatkanpersentasesebesar89 42% dinyatakansangat valid ujicobakelompokkecilmendapatkanpersentasesebesar 88 19% yang berartisangat valid danujicobakelompokbesarmendapatkanpersentasesebesar 88 98% yang berartisangat valid. Berdasarkanhasilperolehan data menunjukkanbahwa media pembelajaran yang telahdikembangkanpadapenelitianpengembanganinidinyatakanvalid danlayakdigunakansebagai mediapembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43355

Actions (login required)

View Item View Item