Pengaruh variasi panjang intake manifold dan putaran mesin terhadap torsi dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda GL Max / Ari Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi panjang intake manifold dan putaran mesin terhadap torsi dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda GL Max / Ari Wibowo

Wibowo, Ari (2015) Pengaruh variasi panjang intake manifold dan putaran mesin terhadap torsi dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda GL Max / Ari Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Ari. 2015. Pengaruh Variasi PanjangIntake manifolddanPutaranMesinterhadapTorsi danEmisi Gas BuangpadaSepeda Motor Honda GL Max. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata kunci intake manifold efekram inersia efekresonansiakustik induksisupercharging efisiensivolumetrik proses pembakaran torsi mesin emisi gas buang. Optimalnyainduksicampuranbahanbakardanudarakedalamsilinder akanmemberikanpengaruhterhadapefisiensivolumetrikmesindan proses pembakaran. Salahsatuupayayang dilakukanuntukmengoptimalakaninduksicampuranbahanbakardanudarakedalamsilinderadalahdenganmenggunakanmetodeinduksisupercharging. Metode induksi supercharging dapat diperoleh dengan cara memanfaatkan efek ram inersiadanefekresonansiakustikakibat momentum yang terjadipadaalirancampuranbahanbakardanudara yang eratkaitannyadengankarakteristikpanjangintake manifold.Olehsebabitukarakteristikpanjangintake manifoldsecaralangsungakanmemberikandampakterhadap torsidankadaremisi gas buang Penelitianinidilaksanakandengantujuan (1) Untukmengetahuipengaruhdaripenggunaanvariasipanjangintake manifoldterhadaptorsi mesin(2) Untukmengetahuipengaruhdaripenggunaanvariasipanjangintake manifoldterhadapemisi gas buang CO(3) Untukmengetahuipengaruhdaripenggunaanvariasipanjangintake manifoldterhadapemisi gas buang HC. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimental.Obyekdalampenelitianiniadalahintake manifoldpendek (2 cm) intake manifold standar (4 cm)danintake manifoldpanjang (6 cm).Analisis data yang digunakanadalahanalisisTwoWay Anovadenganbantuanprogram SPSS 16 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaintake manifoldpanjangmenghasilkan torsi tertinggipadaputaranmesin2000 rpm dan 3000rpm kadar CO terendahpadaputaranmesin 1500 rpm 2500 rpm dan 3500rpm kadar HC terendahpadaputaranmesin1500 rpm dan 2500 rpm.Intake manifold standarmenghasilkan torsi tertinggipadaputaranmesin4000 rpm 5000 rpm dan 6000 rpm kadar CO terendahpadaputaranmesin4500 rpm 5500 rpm dan 6500rpm kadar HC terendahpadaputaranmesin3500 rpm 4500 rpm dan 5500 rpm. Intake manifoldpendekmenghasilkan torsi tertinggipadaputaranmesin7000 rpm 8000 rpm dan 9000rpm kadar CO terendahpadaputaranmesin 7500 rpmdan 8500 rpm kadar HC terendahpadaputaranmesin6500 rpm 7500 rpm dan 8500 rpm. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaan torsi mesindankadaremisi gas buangyang dihasilkandaripenggunaanvariasipanjangintake manifoldpadasetiaptingkatanputaranmesin yang berbeda-beda. Tetapiperbedaankadaremisi gas buangdaripenggunaanvariasipanjangintake manifoldtidaklahberarti (signifikan) namuntidakmemberikandampaknegatif karenakadaremisi gas buangyang dihasilkanmasihdibawahnilaiambangbatasmaksimalkadaremisi gas buangkendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43353

Actions (login required)

View Item View Item