Hubungan latar belakang orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar sistem transmisi siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 6 Malang / Etha Yuda Wigananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan latar belakang orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar sistem transmisi siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 6 Malang / Etha Yuda Wigananda

Wigananda, Etha Yuda (2015) Hubungan latar belakang orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar sistem transmisi siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 6 Malang / Etha Yuda Wigananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wigananda Etha Y. 2015. Hubungan Latar Belakang Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Pembimbing II Drs. H. Agus Sholah M.Pd Kata kunci Latar Belakang Orang Tua Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan bagian akhir dari proses belajar dengan kata lain tujuan dari belajar adalah mendapat hasil yang baik. Maka menurut Wingkel (1987 51) menyatakan Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya . Latar belakang orang tua disini meliputi latar belakang sosial dan latar belakang ekonomi orang tua. Menurut Mifflen (1985 227) status sosial merupakan prestise yang diberikan berdasarkan hal-hal kemasyarakatan kepada orang yang menduduki posisi tertentu. Motivasi belajar adalah suatu perubahan tenaga di dalam diri seseorang (pribadi) yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan (Frederick J. Mc Donald dalam H. Nashar 2004 39).Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dari penelitian iniadalah 1.Apakah ada hubungan latar belakang orang tua dengan hasil belajar siswa 2. Apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa 3. Apakah ada hubungan latar belakang orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran system transmisi Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data dalam penelitian yaitu angket dan post tes merupakan suatu teknik atau cara mengumpulkan data. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada kepada responden untuk dijawabnya (sugiono 2009 119). Hasil belajar berupa skor peningkatan diukur dengan tes soal sistem transmisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Latar belakang orang tua dengan hasil belajar sebesar 0 930 motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 1 006 latar belakang orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa adalah 0 738 yang diinterpretasikan memliki hubungan yang kuat. Dengan memperhatikan kesimpulan di atas ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu (1)Bagi Guru disarankan untuk dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk karakteristik siswa yang berbeda yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang orang tua dan perbedaan motivasi belajar serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Bagi siswa disarankan untuk menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar yang berasal dari dalam diri. (3)Bagi peneliti selanjutannya diharapkan untuk meneliti tentang latar belakang orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar pada objek yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43351

Actions (login required)

View Item View Item