Pengaruh penambahan water injection pada intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar, daya serta emisi gas buang pada variasi putaran mesin Honda Vario / Muhamad Arnas Wiratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan water injection pada intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar, daya serta emisi gas buang pada variasi putaran mesin Honda Vario / Muhamad Arnas Wiratama

Wiratama, Muhamad Arnas (2015) Pengaruh penambahan water injection pada intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar, daya serta emisi gas buang pada variasi putaran mesin Honda Vario / Muhamad Arnas Wiratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiratama Muhamad Arnas . 2014. Pengaruh Penambahan Water Injection Pada Intake Manifold Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Daya dan Emisi Gas Buang. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Mustaman M.Pd (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci Water Injection Konsumsi Bahan Bakar Mesin Daya Emisi Gas Buang Honda Vario. PenambahanWater Injection pada intake manifoldpada Honda Vario bertujuan agar tidak terjadi detonasi yang berdampak terhadak konsumsi bahan bakar daya dan emisi gas buang. Tujuan penelitian ini adalah (1) membandingkan konsumsi bahan bakar mesin yang menggunakan water injection dan tanpa menggunakan water injection (2) membandingkan daya mesin yang menggunakan water injection dan tanpa menggunakan water injection dan (3) membandingkan emisi gas buang (CO dan HC) mesin yang menggunakan water injection dan tanpa menggunakan water injection. Lokasi penelitian ini yaitu di bengkel resmi Yamaha Banyuwangi Motor untuk pengujian konsumsi bahan bakar daya dan emisi gas buang tanpa water injection dan menggunakan water injection. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk quasi eksperimental design berjenis nonequivalen control group design. Metode penelitian ini menggunakan dua kelompok yang masing masing dipilih secara random. Kelompok pertama diberi perlakuan dan kelompok lain tidak. Kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Variabel bebas adalah daerah permasalahan yang diteliti yaitu variasi water injection yang dipasang pada intake manifold sedangkan variabel terikat adalah dampak dari perlakuaan adalah konsumsi bahan bakar daya mesin dan emisi gas buang (CO dan HC) pada putaran mesin yang bervariasi yaitu 1500 rpm hingga 5000 rpm dengan kelipatan 100 rpm. Analisis data hasil penelitian dengan metode statistik menggunakan analisis variasi One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan (1) Ada pengaruh yang signifikan penambahan water injection pada intake manifold dengan variasi putaran terhadap konsumsi bahan bakar mesin sepeda motor Honda Vario. Mesin dengan Water Injection C memiliki rata-rata waktu paling lama dalam menghabiskan bahan bakar sebanyak 5ml dari pada mesin tanpa Water Injection (2) Ada pengaruh yang signifikan penambahan water injection pada intake manifold dengan variasi putaran terhadap daya mesin sepeda motor Honda Vario.Mesin dengan Water Injection C memiliki rata-rata daya mesin lebih besar dari pada mesin tanpa Water Injection dan (3) Ada pengaruh yang signifikan penambahan water injection pada intake manifold dengan variasi putaran terhadap emisi gas buang mesin sepeda motor Honda Vario.Mesin dengan Water Injection A memiliki rata-rata kadar emisi gas buang CO dan HC lebih rendah dari pada mesin tanpa Water Injection. Hasil penelitian ini dapat dijadikan ilmu pengetahuan tentang cara mengatasi detonasi pada mesin yang berdambak buruk terhadap konsumsi bahan bakar daya dan emisi gas buang. Perlu penelitian lebih lanjut jumlah masukan air ke dalam ruang bakar mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43350

Actions (login required)

View Item View Item